PDIP Sudah Temui Anies untuk Usung di Pilkada Jakarta 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 22 Agu 2024 20:36 WIB

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan komunikasi sudah dilakukan oleh Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah alias biasa disapa Baskara. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengakui pihaknya telah berkomunikasi dengan Anies Baswedan untuk diusung di Pilkada Jakarta 2024. (CNN Indonesia/Loamy)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengakui pihaknya telah berkomunikasi dengan Anies Baswedan untuk diusung di Pilkada Jakarta 2024.

Hasto mengatakan komunikasi sudah dilakukan oleh Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah alias biasa disapa Baskara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ada [komunikasi] apalagi Pak Baskara juga sudah berjumpa dengan Pak Anies Baswedan," kata Hasto di instansi DPP PDIP, Jakarta, Kamis (22/8).

Hasto mengatakan bahwa partainya hanya menekankan pada komitmen ideologi, keberpihakan pada rakyat, dan platform partai. Termasuk di dalamnya visi misi, terutama tentang tata ruang dan lingkungan.

Selama itu dipegang, kata Hasto, PDIP terbuka untuk mengusung Anies. Hasto tak bicara tegas soal syarat apakah Anies kudu terlebih dulu menjadi kader untuk diusung partainya.

Menurutnya, identifikasi tak selamanya lewat kartu tanda personil (KTA). Lebih krusial dari itu, personil PDIP juga bisa dilihat dari komitmennya pada kebangsaan.

"Selama hal-hal tersebut juga disuarakan, maka itu sudah menjadi bagian dari kesadaran sebagai personil PD Perjuangan. karta diatur dengan baik, tentu terbuka," katanya.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelumnya buka bunyi soal kans partainya mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Pernyataan itu disampaikan Megawati saat memberi pengarahan kepada para calon kepala wilayah nan diusung partainya di instansi DPP PDIP, Jakarta, Kamis (22/8).

Megawati tak bicara tegas untuk menolak alias menerima. Namun, dia memberikan syarat Anies mau tunduk pada patokan partai.

"Ngapain ku suruh dukung Pak Anies. Dia bener nih, jika mau ama PDIP, jika mau PDIP jangan kayak gitu dong ya. Ya tinggal mau nggak nurut ya?" kata Megawati dalam pidatonya.

Anies menjadi calon kuat sebagai sosok nan bakal diusung PDIP di Pilkada 2024. Terutama setelah DPR menyerah untuk mengesahkan RUU Pilkada sebagai tindak lanjut dari putusan MK nan menarik syarat 20 persen bangku DPRD untuk mengusung calon.

(thr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional