PDIP Yakin Bakal Dapat Rekan Koalisi di Pilkada Jakarta 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 17 Agu 2024 21:45 WIB

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku percaya partainya bakal mendapat rekan koalisi agar memenuhi syarat untuk mengusung cagub-cawagub di Pilkada Jakarta 2024. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku percaya partainya bakal mendapat rekan koalisi agar memenuhi syarat untuk mengusung cagub-cawagub di Pilkada Jakarta 2024. (CNN Indonesia/ Farid)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengaku percaya partainya bakal mendapat rekan koalisi agar memenuhi syarat untuk mengusung cagub-cawagub di Pilkada Jakarta 2024.

Hasto mengibaratkan kepercayaan partainya itu dengan upaya PDI menggugat keputusan Kongres Medan nan menunjuk Soerjadi menjadi ketua umum pada 1996 silam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya, politik itu keyakinan. Dulu, Bu Mega ketika memimpin PDI, instansi PDI diserang. Kita keyakinan, kita gugat di 200 lebih kabupaten kota akhirnya ada pengadil nan punya nurani," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Sabtu (17/8).

Hasto pun percaya ada partai politik nan berani untuk berkoalisi dengan PDIP meski ada rumor tekanan politik.

Terlebih, kata dia, masyarakat Indonesia mempunyai sejarah keberanian untuk melawan kolonialis demi merebut kemerdekaan.

"Republik ini dibangun dengan hati nurani nan bening, dengan keberanian nan menyala-nyala, sampai mengusir kolonialis melawan norma kolonial," tutur dia.

PDIP diprediksi bakal mempunyai 15 bangku di DPRD Jakarta. Perolehan bangku tersebut membikin PDIP tetap memerlukan koalisi dengan partai lain untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Syarat minimal bangku untuk mengusung cagub-cawagub di Pilkada Jakarta 2024 adalah 22 kursi.

Sejauh ini, PKB, PKS, PPP belum menentukan sikap mengenai kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Namun, PKS-PKB memberi sinyal untuk berasosiasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dengan mengusung Ridwan Kamil sebagai cagub.

(mab/asr)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional