Pejabat Kementan Ditagih Hingga Rp6,8 Miliar untuk SYL Selama 4 Tahun

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 03 Jun 2024 19:17 WIB

Pejabat Kementan mengaku diminta duit senilai Rp6,8 miliar untuk mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) selama empat tahun. Pejabat Kementan mengaku diminta duit senilai Rp6,8 miliar untuk mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) selama empat tahun. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pejabat Kementerian Pertanian (Kementan) mengaku diminta duit senilai total Rp6,8 miliar untuk mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) selama empat tahun.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi saat datang sebagai saksi dalam sidang perkara dugaan penerimaan gratifikasi dan pemerasan SYL di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin (3/6).

Mulanya, Ketua Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh bertanya apakah ada permintaan duit ke Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dedi menjawab dirinya sering ditagih duit oleh Sekjen Kementan Kasdi Subagyono nan juga terdakwa dalam kasus ini.

Lalu, Hakim bertanya apakah ada permintaan nan tidak terpenuhi. Dedi mengiyakan pertanyaan tersebut.

"Yang tidak terpenuhi itu apakah ditagih atau?" tanya Hakim.

"Iya ditagih terus itu, nan Mulia," kata Dedi.

Hakim lantas bertanya siapa pihak nan biasanya menagih tersebut. Dedi menjawab pihak nan biasa menagihnya adalah Kasdi, melalui telepon.

"Segera selesaikan itu, segera selesaikan, begitu. Lalu setelah rapat juga misalnya rapat Eselon I dengan Sekjen biasanya pak Sekjen waktu itu mengingatkan lagi 'Segera tuntaskan' begitu," kata Dedi.

Lebih lanjut, Hakim menanyakan total pengeluaran Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan untuk kebutuhan SYL.

Menurut Dedi, pihaknya mengeluarkan Rp6,8 miliar selama 4 tahun untuk kebutuhan SYL.

"Totalnya itu nan Mulia semua ada di BAP, jika saya tidak salah ingat kurang lebih Rp6,8 miliar," tutur Dedi.

SYL, Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Ditjen Prasarana dan Sarana Kementan Muhammad Hatta didakwa atas kasus dugaan pemerasan hingga mencapai Rp44.546.079.044 dan gratifikasi dianggap suap sejumlah Rp40.647.444.494 selama periode 2020-2023.

Selain itu, SYL juga telah ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Perkara TPPU itu tetap dalam tahap investigasi di KPK.

(pop/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional