Pembangunan MRT yang Diresmikan Jokowi Meningkatkan Jaringan Transportasi Modern Jakarta

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, mengatakan dalam mewujudkan pembangunan berorientasi transit alias transit oriented development di Jakarta dan sekitarnya, pengembangan transportasi publik terus digencarkan. Menurut dia, pembangunan dilakukan demi memudahkan mobilitas warga.

"Hari Rabu, 11 September 2024, saya mendampingi Presiden Jokowi dalam pencanangan pembangunan jalur MRT Jakarta Lin Timur-Barat Fase I Tahap I," kata Heru Budi pada Rabu malam, 11 September 2024.

Menurut Heru Budi, pencanangan ini dilakukan di titik integrasi, nan nantinya menghubungkan antara Moda Raya Terpadu alias MRT Lintas Utara-Selatan, ialah Ancol Marina-Lebak Bulus dengan MRT Lintas Timur-Barat, ialah Cikarang-Balaraja. 

Adapun pembangunan MRT Lintas Timur-Barat Fase I Tahap I bakal dimulai dari rute Medan Satria hingga Tomang sepanjang 24,5 kilometer dengan 21 stasiun. Sebanyak 21 stasiun itu nan terdiri dari stasiun layang maupun stasiun bawah tanah. 

Dia juga menyatakan berterima kasih kepada pemerintah pusat, Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, serta semua pihak nan terlibat dalam pembangunan MRT Lintas Timur-Barat. Dia berambisi sinergi itu membawa faedah sebesar-besarnya kepada masyarakat.

Iklan

"Serta terus mendorong pertumbuhan ekonomi Jakarta sebagai kota dunia dengan jaringan transportasi publik nan modern," ujarnya.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi nan didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Heru Budi, dan Duta Besar Jepang Masaki Yasushi meresmikan pembangunan MRT Lintas Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 di MH Thamrin, Jakarta Pusat, hari ini, 11 September 2024. Rute MRT ini melintasi 21 stasiun dari Tomang sampai ke Medan Satria. Proyek pembangunan dimulai September 2024 dan ditargetkan bakal rampung pada 2031.

Pilihan Editor: Budi Arie soal Jet Pribadi nan Digunakan Kaesang: Erina Lagi Hamil, Gak Boleh Naik Angkutan Umum

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis