Pemberdayaan BRI Sukses Kembangkan Usaha Klaster Jeruk

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memiliki komitmen nan kuat untuk mendorong pemberdayaan upaya mikro, mini dan menengah (UMKM). Salah satunya dengan pemberdayaan Klaster Jeruk Sungai Penuh di Jambi.

Ketua Klaster Jeruk Sungai Penuh, Wartini mengatakan, Kelompok Jeruk Desa Sungai Penuh merupakan golongan tani nan berfokus pada budidaya dan pengolahan buah jeruk. Kelompok ini terdiri dari sejumlah petani lokal yang mempunyai misi meningkatkan kualitas, produktivitas, dan penjualan buah jeruk agar semakin meningkat.

Wartini bercerita, wilayah Sungai Penuh nan mempunyai banyak ladang jeruk membikin mayoritas pembeli berasal dari luar kota. Melihat potensi wilayah nan melimpah, Kelompok Jeruk Desa Sungai Penuh  pun ikut berperan-serta dalam bazaar klaster BRILiaN Independence Week, pada Jumat, 16 Agustus 2024.

BRI juga diberikan support kepada kelompok Klaster Jeruk Sungai Penuh melalui pelatihan dan obrolan mengenai upaya tanaman hortikultura. “Bersyukur kenal BRI pada 2018 dan saat itu mendapat dukungan tambahan permodalan juga. Alhamdulillah dari awalnya belum punya modal, sekarang sudah bisa berjalan,” kata Wartini. 

Ia berharap, kerja sama dan support dari BRI bisa terus bersambung agar bisa membantu masyarakat secara luas.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari mengatakan, pemberdayaan klaster usaha merupakan pemberdayaan kepada golongan upaya nan terbentuk berasas kesamaan usaha, dalam satu wilayah sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam peningkatan maupun pengembangan upaya para anggotanya.

Iklan

Hingga akhir Juli 2024, BRI telah mempunyai 31.488 klaster upaya nan tergabung dalam program Klasterku Hidupku. BRI juga telah menyelenggarakan 2.184 training dalam program tersebut. Menurutnya, program Klasterku Hidupku menjadi wadah unutk memberdayakan masyarakat.

"Secara umum, strategi upaya mikro BRI di 2024 bakal konsentrasi pada pemberdayaan berada di depan pembiayaan. BRI sebagai bank nan berkomitmen kepada pelaku UMKM telah mempunyai kerangka pemberdayaan nan dimulai dari fase dasar, integrasi, hingga interkoneksi,” kata Supari.

Adapun hingga akhir Juni 2024, BRI sukses menyalurkan angsuran kepada segmen UMKM senilai Rp1.095,64 triliun alias setara 81,69 persen dari total penyaluran angsuran BRI. Salah satu corak komitmen BRI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional adalah dengan mendorong terciptanya lapangan pekerjaan khususnya pada segmen UMKM melalui penyaluran angsuran nan berkualitas. 

Apabila dirinci, penyaluran angsuran BRI kepada segmen UMKM mencapai Rp1.095,64 triliun nan terdiri dari segmen mikro sebesar Rp623 triliun, segmen mini Rp232,3 triliun, segmen konsumer Rp198,8 triliun dan segmen menengah senilai Rp41,5 triliun. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis