Pemda Protes Keras Kontes Waria di Jakarta Bawa-bawa Nama Aceh

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 07 Agu 2024 13:59 WIB

Pemerintah Aceh memprotes keberadaan peserta berselempang tulisan Aceh ikut kontes kecantikan transgender dan dinobatkan sebagai pemenang.. Ilustrasi. Pemerintah Aceh memprotes keberadaan peserta berselempang tulisan Aceh ikut kontes kecantikan transgender dan dinobatkan sebagai pemenang kontes waria tersebut. (iStockphoto/JadeThaiCatwalk)

Aceh, CNN Indonesia --

Pemerintah Aceh memprotes keberadaan peserta kontes kecantikan transgender wanita-pria alias waria membawa nama wilayah Aceh nan digelar di sebuah hotel area Jakarta Pusat.

Dalam video nan beredar tampak seorang peserta menggunakan selempang bertuliskan nama wilayah Aceh dan dinobatkan sebagai pemenang dalam kontes tersebut.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Zahrol Fajri mengaku pihaknya tidak tahu menahu adanya kontes tersebut apalagi mengirimkan utusan untuk mengikutinya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami dari Pemerintah Aceh tidak pernah mengirimkan perwakilan wilayah untuk mengikuti aktivitas itu," kata Zahrol Fajri kepada wartawan, Rabu (7/8).

Pihaknya saat ini sedang menyelidiki siapa sosok nan memfasilitasi peserta itu untuk mengikuti aktivitas tersebut hingga mencari peserta nan membawa nama wilayah Aceh.

[Gambas:Instagram]

Menurutnya, kontes kecantikan transgender dengan partisipan berselempang Aceh sangat bertentangan dengan nilai-nilai hukum Islam. "Pemerintah Aceh sangat keberatan nan berkepentingan mengatasnamakan Aceh," katanya.

Dua hari terakhir tokoh Aceh ramai-ramai mengecam aktivitas tersebut apalagi pesertanya ada nan berasal dari Tanah Rencong. Kritikan itu datang dari ulama, politisi hingga pejabat.

Sebelumnya, sebuah video nan memperlihatkan aktivitas kontes kecantikan transgender wanita-pria alias waria di sebuah hotel area Jakarta Pusat viral di media sosial.

Dalam video nan beredar, terlihat sejumlah kontestan nan diduga transgender tampak berlenggang di panggung selayaknya tampil dalam sebuah arena kecantikan. Para kontestan itu juga tampak memakai selempang nan bertuliskan asal wilayah mereka.

Masih dalam unggahan itu, juga terlihat sebuah foto nan memperlihatkan pemenang dari arena tersebut. Pemenang pun tampak diberikan mahkota dan selempang bertuliskan 'winner'.

Kini Polisi berencana meminta keterangan dari pihak penyelenggara hingga hotel untuk mengusut aktivitas kontes kecantikan transgender itu.

"Saat ini Polres Jakpus sedang melakukan pendalaman terhadap penanggung jawab tempat hotel, penanggung jawab acara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Selasa (6/8).

(dra/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional