Pemeras Dapatkan Foto dan Video Ria Ricis dengan Cara Meretas Ponsel

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 11 Jun 2024 16:18 WIB

Polisi menyebut laki-laki berinisial AP (29) mendapatkan foto dan video pribadi Ria Ricis dengan langkah meretas ponsel. Kini pelaku sudah ditangkap. Polisi menyebut laki-laki berinisial AP (29) mendapatkan foto dan video pribadi Ria Ricis dengan langkah meretas ponsel (Detikcom/Ismail)

Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi menyebut laki-laki berinisial AP (29) mendapatkan foto dan video pribadi Ria Ricis dengan langkah meretas ponsel. Saat ini pelaku sudah ditangkap dan telah menjadi tersangka.

"Mengakses secara terlarangan sistem elektronik milik korban ini nan berisi info maupun arsip elektronik milik korban," kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Selasa (11/6).

Foto dan video nan diperoleh lampau diunggah oleh AP ke tiga akun media sosial. Baik Instagram, Twitter, hingga TikTok.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelahnya, AP membikin tangkapan layar atas unggahan nan telah dibuat itu. Tangkapan layar itu dikirim oleh AP ke manajer Ria Ricis untuk menakut-nakuti dan memeras korban.

Dalam kasus ini, polisi turut menyita sejumlah peralatan bukti dari tangan AP. Di antaranya, ponsel, simcard, hingga tiga akun media sosial nan dibuat AP.

Polisi menyelidiki kasus ini usai Ria Ricis membikin laporan ke Polda Metro Jaya pada 7 Juni lalu. Ria mengaku diperas Rp300 juta.

Setelah dilakukan serangkaian proses penyelidikan dan penyidikan, polisi menangkap tersangka AP di rumahnya di Cipayung, Jakarta Timur, Senin (10/6) pukul 01.20 WIB.

AP dijerat Pasal 27B ayat (2) Jo Pasal 45 dan alias Pasal 30 ayat (2) jo Pasal 46 dan alias Pasal 32 ayat (1) jo Pasal 48 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, polisi menyebut tersangka AP melakukan perbuatannya itu lantaran motif ekonomi.

(dis/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional