Pemprov DKI Sudah Gratiskan Biaya Sekolah Swasta Lewat PPDB Bersama

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 19 Jul 2024 17:31 WIB

Disdik DKI menyampaikan ada 8.426 bangku nan disiapkan untuk jalur calon peserta didik baru nan mendaftar lewat PPDB Bersama 2024 di jenjang SMP, SMA, dan SMK. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menggratiskan biaya pendidikan sejumlah sekolah swasta dari tingkat SMP hingga SMA melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Bersama. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menggratiskan biaya pendidikan sejumlah sekolah swasta dari tingkat SMP hingga SMA melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Bersama.

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin menyampaikan ada 8.426 bangku nan disiapkan untuk jalur calon peserta didik baru (CPDB) nan mendaftar lewat PPDB Bersama 2024 di jenjang SMP, SMA, dan SMK.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Calon peserta didik nan lolos program ini dibiayai oleh Pemprov DKI Jakarta, baik untuk duit pakal maupun biaya operasional (SPP) setiap semesternya.

"PPDB Bersama dalam rangka menampung mereka-mereka dengan jalur afirmatif untuk sekolah-sekolah di swasta dan kita gratiskan," kata Budi beberapa waktu lalu.

Pada 2021 lalu, Komisioner KPAI Retno Listyarti menyebut pembiayaan sekolah bakal diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta melalui sistem Bantuan Operasional Sekolah alias BOP dengan nilai sebesar Rp400 ribu per siswa setiap bulannya.

"SPP cuma-cuma sampai lulus nan bayar Pemprov DKI Jakarta," ujarnya.

PPDB Bersama adalah bagian dari PPDB DKI Jakarta nan memungkinkan CPDB SMP, SMA, SMK memilih sekolah swasta dengan jalur afirmasi.

CPDB nan diterima melalui PPDB Bersama bisa sekolah cuma-cuma lantaran biaya sekolahnya ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta.

Tujuan PPDB Bersama ini adalah memperluas daya tampung pada sekolah negeri nan tetap terbatas untuk jenjang SMP, SMA dan SMK.

Kini, Pemprov DKI tengah mengkaji kebijakan menggratiskan biaya pendidikan sekolah swasta dari SD hingga SMA. Kajian ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Berdasarkan kajian Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Budi membuka kemungkinan kebijakan sekolah swasta cuma-cuma bisa diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kemungkinan ada angan diimplementasikan di Pemprov DKI Jakarta. Namun kami tetap memperhitungkan dan memitigasi secara perincian keseluruhan kebijakan ini," kata Budi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/7).

Budi berambisi kebijakan sekolah swasta cuma-cuma di Jakarta bisa diterapkan pada 2025.

(lna/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional