Penetapan Final Kursi DPRD Jabar: Gerindra Terbanyak Disusul PKS

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 29 Mei 2024 12:19 WIB

Gerindra menjadi pemilik bangku terbanyak di DPRD Jabar usai Pemilu 2024 ialah 20 kursi, disusul PKS dan Golkar nan sama-sama 19 Kursi, dan PDIP 17 kursi. Ilustrasi pemilu 2024. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Gerindra menjadi partai pemilik bangku terbanyak di DPRD Jawa Barat (Jabar) disusul Golkar dan PKS berdasarkan hasil Pemilu 2024.

Hal itu resmi ditetapkan KPU Jabar untuk bangku di DPRD Jabar hasil Pemilu 2024 dalam rapat pleno terbuka, Bandung, Selasa (28/5).

Gerindra di posisi nomor satu meraih 20 kursi. Kemudian di posisi selanjutnya ada PKS dan Golkar nan sama-sama mendapatkan 19 kursi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PDIP ada di posisi berikutnya dengan 17 bangku di DPRD Jabar.

Partai-partai peraih bangku di DPRD Jabar selanjutnya nan ditetapkan KPU adalah Demokrat dan NasDem yang sama-sama 8 kursi, PAN 7 kursi, PPP 6 kursi, dan PSI 1 kursi.

"Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat tentang penetapan perolehan bangku partai politik peserta Pemilihan Umum personil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat dalam Pemilihan Umum tahun 2024," kata Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni, Rabu (29/5).

Selanjutnya, kata dia, adalah memproses pelantikan para personil majelis hasil Pemilu 2024 tersebut.

Ummi juga menjelaskan, dalam pleno tersebut KPU melakukan perubahan personil DPRD terpilih untuk personil DPRD dari PAN Dapil Jabar 13 dan PKB Jabar 6 nan meninggal dunia.

Baca buletin lengkapnya di sini.

(tim/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional