Penguasa Mangkunegaran Urus Surat Bebas Pidana, Syarat Pilkada Solo

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Solo, CNN Indonesia --

Pengadilan Negeri (PN) Surakarta menerbitkan surat keterangan tidak pernah dipidana untuk KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, Selasa (27/8).

Surat keterangan itu diketahui sebagai salah satu syarat  nan kudu disertakan dalam pendaftaran calon Wali Kota Solo pada Pilkada serentak 2024.

Humas PN Surakarta, Bambang Ariyanto, mengonfirmasi soal pengurusan surat keterangan tidak dipidana oleh penguasa Mangkunegaran tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menyebut surat tersebut dimohonkan oleh orang utusan Bhre nan datang langsung ke Kantor PN Surakarta.

"Perwakilan Bhre tadi pagi datang langsung ke sini," kata Bambang.

Selain surat keterangan tidak pernah dipidana, Bhre juga mengurus surat keterangan tidak mempunyai tunggakan utang dan surat keterangan tidak sedang dicabut kewenangan pilihnya.

Tiga surat tersebut sudah diterbitkan PN Surakarta.

"Dalam pemeriksaan di pengadilan tidak ditemukan itu, ya [surat keterangannya] dikeluarkan," ujar Bambang.

Bambang menambahkan, selain Bhre, pegiat sosial Diah Warih Anjari juga mengurus surat keterangan tidak pernah dipidana ke PN Surakarta.

Diah dikenal sebagai salah satu pemimpin yayasan nan menjadi bagian dari pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 dan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Beberapa waktu lampau dia mendaftar ke penjaringan Pilkada Solo di DPC Gerindra.

Bambang mengatakan surat untuk Diah diajukan melalui jasa Elektronik Surat Keterangan Direktorat Jenderal Badan Pengadilan Umum Mahkamah Agung RI (Eraterang).

"Diah Warih siang ini tadi baru masuk di Eraterang," kata dia.

Bhre adalah kandidat kuat dari enam partai nan tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) ditambah PKS, dan PKB. Koalisi besar itu hanya menyisakan PDIP nan bisa mengusung sendiri pasangan calon wali kota - wakil wali kota Solo.

Meski mendapat support dari partai-partai KIM Plus, baru PSI dan PAN nan sudah mengumumkan surat rekomendasi untuk Bhre. Dua partai tersebut memasangkan Bhre dengan Rektor Universitas Surakarta (UNSA), Astrid Widayani.

Bahkan untuk menunjukkan dukungannya beberapa waktu lampau jejeran PSI--dipimpin Ketua Umumnya nan juga anak sulung Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep--bermain sepak bola persahabatan dengan Bhre dan jajarannya di Solo.

Sedangkan empat partai lainnya, Gerindra, Golkar, PKS, dan PKB belum mengumumkan secara resmi rekomendasi nan bakal didukung di Pilkada Solo 2024.

(syd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional