Perbandingan Visi Misi Dharma-Kun, RK-Suswono dan Pramono-Rano

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta merilis arsip visi misi dari ketiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nan telah mendaftar beberapa waktu lalu.

Dokumen itu mencakup visi, misi, hingga semboyan nan diusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

RK-Suswono namalain RIDO mengusung semboyan Jakarta Baru Jakarta Maju, Pramono-Rano mengusung Jakarta Menyala, dan Dharma-Kun mempunyai semboyan Jakartaku Aman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketiga semboyan itu kemudian dituangkan ke visi dan misi, kemudian dijabarkan lagi menjadi beragam program dan strategi.

Berikut komparasi visi misi ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dalam Pilgub Jakarta 2024.

Ridwan Kamil-Suswono

RK-Suswono nan mengusung nama pasangan RIDO mempunyai semboyan "Jakarta Baru Jakarta Maju". Slogan itu kemudian diturunkan menjadi visi nan menekankan narasi kemajuan dan berkelanjutan.

RIDO kemudian mempunyai lima misi utama dari visi tersebut. Kelima misi itu berangkaian dengan sumber daya manusia unggul, ekonomi inklusif, pelayanan publik, stabilitas, hingga komitmen mewujudkan kota layak huni.

Visi:

Jakarta kota dunia nan maju, berkekuatan saing, dan berkelanjutan.

Misi:

1. Mewujudkan sumber daya manusia Jakarta nan unggul, produktif, dan sejahtera;
2. Mewujudkan ekonomi Jakarta nan inklusif, berkekuatan saing global, dan berkelanjutan;
3. Mewujudkan izin dan tata kelola pelayanan publik Jakarta nan berkualitas, harmonis, adaptif, dan berintegritas;
4. Mewujudkan stabilitas Jakarta nan handal dan berpengaruh di kancah global;
5. Mewujudkan Jakarta nan layak huni melalui ketahanan sosial budaya dan ekologis.

Pramono Anung-Rano Karno

Pasangan Pramono Anung-Rano Karno mempunyai semboyan "Jakarta Menyala" nan diturunkan menjadi sebuah visi dan misi.

Visi pasangan ini menekankan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan kota global. Mereka juga mempunyai empat misi untuk bagian berbeda, ialah manusia, ekonomi, pemerintahan, dan pembangunan lingkungan.

Visi:

Menuju Provinsi DKJ sebagai pusat perekonomian nasional dan kota dunia berkekuatan saing untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat nan berkeadilan dan berkelanjutan.

Misi:

1. Manusia: Membangun masyarakat modern megapolitan nan madani, berbudaya, dan sejahtera;
2. Ekonomi: Mewujudkan pusat ekonomi nan inovatif dan kompetitif dengan membuka akses seluasnya pada sumber kehidupan dan pengedaran faedah hasil pembangunan nan merata dan berkeadilan;
3. Pemerintahan: Mewujudkan pemerintahan dengan manajemen kota modern nan akuntabel dan responsif untuk memberikan jasa publik nan prima;
4. Pembangunan Lingkungan: Mewujudkan ruang aktivitas kehidupan berbobot nan mendukung aktivitas ekonomi, sosial dan budaya secara berkelanjutan.

Dharma Pongrekun-Kun Wardana

Pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana mengusung semboyan "Jakartaku Aman" untuk Pilgub Jakarta 2024.

Kemudian, Dharma-Kun lewat visinya menekankan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan dunia melalui reformasi jati diri. Pasangan itu juga mempunyai tujuh misi untuk mendukung visi tersebut.

Visi:

Menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan dunia nan kondusif melalui reformasi jati diri demi terwujudnya rakyat nan beradab, harmoni, mandiri, makmur, dan bahagia.

Misi:

1. Mewujudkan transformasi Jakarta sebagai pusat kelebihan pada tatanan nasional, regional dan dunia nan kondusif dan beradab untuk melindungi keselamatan jiwa masyarakat.
2. Mewujudkan reformasi izin dan tata kelola Jakarta nan mengutamakan pemeliharaan kesehatan masyarakat melalui pengobatan preventif nan kondusif dan beradab.
3. Mewujudkan penemuan perbaikan kreasi tata ruang Jakarta sebagai kota dunia untuk mengatasi kemacetan melalui pengarusutamaan penelitian dan pengembangan.
4. Mewujudkan percepatan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional nan terintegrasi secara nasional, regional dan dunia dalam simpul pariwisata, ekonomi kreatif, dan budaya melalui penguatan UMKM serta pemberdayaan masyarakat.
5. Mewujudkan percepatan ketahanan dan keberlanjutan lingkungan Jakarta sebagai pusat transit regional dan dunia nan handal untuk menanggulangi banjir dengan manajemen air hujan dan sungai nan mengoptimalkan waduk, kanal, pompa serta taman dan rimba kota.
6. Mewujudkan penguatan konektivitas info melalui transformasi Jakarta sebagai pusat kelebihan sumber daya manusia nan konsentrasi pada adab, kesetaraan sosial, ahli nan terampil, praktis dan kreatif.
7. Mewujudkan reformasi teknologi nan tepat guna dan irit untuk mendukung strategi samudra biru dan bio ekonomi Jakarta sebagai kontributor utama perekonomian Indonesia.

(frl/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional