Peta Cagub DKI: Anies dan RK Makin Kuat, Kaesang Masuk Gelanggang

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah tokoh masuk dalam bursa calon gubernur Pilkada DKI Jakarta di nan bakal digelar 27 November 2024. Seluruh partai politik (parpol) mulai bersiap menghadapi kontestasi politik tersebut.

Bahkan, beberapa parpol di tingkat wilayah telah mendeklarasikan dukungan, seperti DPW PKS DKI Jakarta, DPW PKB DKI Jakarta hingga DPD PDIP DKI Jakarta.

Ketiga partai itu mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta kepada DPP masing-masing partai.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun upaya Anies memperebutkan bangku nomor satu di Jakarta bukan tanpa tantangan. Ada beberapa nama kondang nan siap untuk menjadi saingan berat.

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil misalnya. Ia disebut mempunyai kesempatan dan menjadi gubernur DKI Jakarta berikutnya daripada Anies.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menilai penduduk Jakarta selalu mau pemimpin nan baru dan tak pernah berangkaian dengan masa lalu. Apalagi, Anies sebelumnya juga kalah perolehan bunyi di Jakarta dari Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Partai Gerindra sekarang tengah berupaya mendorong Ridwan Kamil untuk maju di Jakarta daripada Jawa Barat. Partai ketua Prabowo Subianto itu bakal terus berkomunikasi dengan Golkar demi mewujudkan perihal tersebut.

Selain itu, Kaesang Pangarep juga masuk bursa calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Nama putra bungsu Presiden Jokowi itu mulai disorot setelah Mahkamah Agung mengabulkan gugatan Partai Garuda soal syarat pemisah usia kepala daerah.

Belakangan beredar juga poster pasangan Ridwan Kamil dan Kaesang Pangarep untuk DKI Jakarta. Ada pula manuver dari PKB memasangkan Kaesang dengan Anies Baswedan.

Kaesang menyatakan siap jika dipasangkan dengan Anies Baswedan ataupun Ridwan Kamil di Pilgub DKI Jakarta.

"Kalau saya ditanya siap alias enggak (berpasangan dengan Anies), ya kudu siap," kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (13/6).

"Siap juga (dengan RK). Saya kembali lagi, namanya politik kita ya enggak masalah kok dengan siapa pun," imbuhnya.

Sementara itu, ada satu pasangan bakal calon jalur independen (nonpartai) nan tengah melakukan perbaikan syarat jumlah dan sebaran support di Pilkada DKI Jakarta.

Bacagub itu adalah pasangan Komjen Pol (Purn) Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Abyoto.

KPU DKI Jakarta memberikan kesempatan terakhir untuk memperbaiki pelbagai arsip support nan disyaratkan pada tanggal 3-7 Juni 2024.

Setelah itu, KPU DKI Jakarta bakal melakukan verifikasi kembali berkas perbaikan tersebut dari tanggal 8-18 Juni 2024.

(lna/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional