Peta Usulan Pj Gubernur Jelang Pilgub DKI: KIM Plus Kompak, PDIP Beda

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah partai di DPRD DKI Jakarta kompak dalam mengusulkan nama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta selanjutnya. Masa kedudukan Kasetpres Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur bakal lenyap pada Oktober 2024.

Salah satu agenda utama Pj Gubernur pengganti Heru nantinya adalah memastikan situasi kondusif di ibu kota negara saat Pilgub DKI pada Pilkada serentak 2024.

Dalam Rapat Pimpinan Sementara DPRD DKI Jakarta, Jumat (13/9), perwakilan partai politik di DPRD menyebut nama-nama nan diusulkan masing-masing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Partai nan ada dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus untuk Pilgub Jakarta terpantau kompak mengusulkan sejumlah nama nan sama.

Gerindra, Golkar, PKB, PAN, PSI, Demokrat dan Perindo masing-masing mengusulkan Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi, Plt. Sekretaris Jenderal Kemendagri Tomsi, dan Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik. Sementara PKS yang juga masuk dalam KIM Plus mengusulkan Teguh Setyabudi, Pj Gubernur Papua Selatan Rudy Sufahriadi, dan Akmal Malik. Lalu Nasdem mengusulkan Sekda DKI Joko Agus, Teguh Setyabudi, dan Tomsi Tohir.

Sementara itu, PDIP mengusulkan calon Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono, Joko Agus, dan Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta Marullah Matali.

Jika ditotal, hasil penghitungan bunyi adalah Teguh Setyabudi meraih 8 suara, Tomsi Tohir 7 suara, dan Akmal Malik 7 suara.

Kemudian Joko Agus 2 suara, Marullah Matali 1 suara, Heru Budi Hartono 1 suara, dan Rudy Sufahriadi 1 suara.

Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Achmad Yani mengatakan tiga nama ialah Teguh, Tomsi, dan Akmal bakal diusulkan ke Mendagri Tito Karnavian untuk salah satunya bisa diangkat jadi Pj Gubernur Jakarta.

"Berdasar hasil tersebut maka tiga nama bakal diajukan Ke Mendagri untuk jadi bahan pertimbangan dalam menetapkan Pj Gubernur Jakarta," kata Yani.

Di satu sisi, meskipun namanya terlempar dari usulan DPRD DKI ke Kemendagri, Heru Budi tetap berkesempatan kembali menjadi Pj Gubernur Jakarta. Peluang itu tetap ada, lantaran keputusan penunjukan Pj Gubernur ada di tangan pemerintah pusat alias presiden via Kemendagri.

Pada Pilgub Jakarta 2024, ada tiga bapaslon nan bakal bertarung, di mana dua bapaslon diusung partai, dan satu paslon lain independen.

Bapaslon pertama adalah Ridwan Kamil-Suswono nan diusung KIM Plus. Kemudian Bapaslon kedua adalah Pramono Anung-Rano Karno nan diusung PDIP.  Terakhir adalah bapaslon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Hari pencoblosan Pilkada serentak 2024 adalah pada 27 November mendatang.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional