Pilkada di 6 Kabupaten Sumut Potensi Lawan Kotak Kosong

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Medan, CNN Indonesia --

Pilkada 2024 di enam kabupaten Sumatera Utara (Sumut) berpotensi melawan kotak kosong. Sebab, hanya ada satu bakal pasangan calon nan mendaftar ke KPUD di enam wilayah tersebut hingga hari terakhir pendaftaran pada Kamis (29/8).

Keenam wilayah itu adalah Nias Utara, Serdang Bedagai, Pakpak Bharat, Asahan, Labuhanbatu Utara, dan Tapanuli Tengah.

"Pendaftaran bakal calon kepala wilayah telah berjalan dari 27 hingga 29 Agustus 2024. Akan tetapi sampai lenyap masa pendaftaran, ada enam kabupaten di Sumut nan hanya satu bakal pasangan calon nan mendaftar," kata personil KPU Sumatera Utara Divisi SDM dan Litbang Robby Effendi kepada CNN Indonesia, Sabtu (31/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Karena itu, sesuai aturan, KPUD memperpanjang pendaftaran untuk enam wilayah dengan calon tunggal itu. Perpanjangan pendaftaran paslon dibuka selama tiga hari pada 2-4 September 2024.

"Jadi di enam kabupaten itu tiga hari dilakukan sosialisasi dan pengumuman. Lalu tiga hari penerimaan pendaftaran, sehingga tahapannya melangkah selama enam hari," tuturnya.

Robby berambisi ada paslon lain nan didaftarkan di enam wilayah itu. Perpanjangan masa pendaftaran untuk meminimalisasi paslon melawan kotak kosong.

"Tujuan dari perpanjangan pendaftaran ini ialah untuk menekan jumlah pilkada calon tunggal versus kotak kosong. Namun, calon tunggal bakal melawan kotak kosong jika selama masa perpanjangan pendaftaran tidak ada lagi calon lain nan maju," ujarnya.

Adapun di Nias Utara paslon nan didaftarkan ialah Amizaro Waruwu-Yusman Zega. Mereka didukung Golkar, Gerindra, PDIP, PAN, NasDem, Hanura, dan PSI.

Di Serdang Bedagai, Darma Wijaya-Adlin Umar Yusri Tambunan didukung 14 partai yakni. Di Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin diusung 11 partai.

Kemudian di Asahan, Taufik Zainal Abidin-Rianto didukung 12 partai. Di Labuhanbatu Utara (Labura), Hendriyanto Sitorus-Syamsul Tanjung didukung 12 partai.

Lalu, di Tapanuli Tengah,Khairul Kiyedi Pasaribu-Darwin Sitompul diusung 9 partai.

(fnr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional