Pimpinan KPU Temui Jokowi di Istana, Lapor Tahapan Pilkada 2024

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 04 Sep 2024 16:49 WIB

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menyebut kehadiran mereka untuk melaporkan perkembangan tahapan Pemilu dan Pilkada 2024. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjumpa dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9). (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjumpa dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9).

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menyebut kehadiran mereka untuk melaporkan perkembangan tahapan Pemilu dan Pilkada 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Afif menyebut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga ikut dalam pertemuan tersebut.

"Sebagaimana kita tahu, pemilu 2024 sudah nyaris selesai," kata Afif di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9).

Afif mengatakan tahapan selanjutnya adalah pelantikan calon DPR dan DPD terpilih pada 1 Oktober. Kemudian pada 20 Oktober dijadwalkan pelantikan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

"Kami juga menyampaikan pembaruan bahwa sebelum pelantikan calon DPR terpilih, bakal diberikan pembekalan nan melibatkan KPU dan Lemhannas untuk jejeran calon personil majelis nan terpilih," ujarnya.

Selain itu, kata Afif, mereka juga menyampaikan persiapan Pilkada serentak 2024.

"Kami juga menyampaikan pembaruan persiapan Pilkada Serentak nan memang sudah 83 hari lagi," ujarnya.

Pilkada serentak 2024 sudah memasuki tahapan pendaftaran. Saat ini KPU daerah tengah memeriksa berkas para calon kepala daerah.

Beberapa KPU daerah juga tetap membuka pendaftaran hingga hari ini lantaran hanya ada satu pasangan calon nan mendaftar.

KPU bakal menetapkan pasangan calon kepala wilayah nan berkompetisi pada 22 September. Sementara hari pencoblosan berjalan pada 27 November.

(khr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional