PKB Buka Peluang Usung Kiai Marzuki Mustamar di Pilgub Jatim

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur membuka kesempatan lebar untuk mengusung Eks Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim KH Marzuki Mustamar di Pilgub Jawa Timur 2024.

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah mengatakan hal itu merespons hasil survei nan dirilis Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) soal elektabilitas tokoh-tokoh di bursa Pilgub Jatim 2024. Elektabilitas Marzuki menyentuh nomor 23,7 persen.

"Dengan hasil survei itu ada peluang besar untuk Kiai Marzuki [diusung PKB] ya," kata Anik saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis (16/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasil survei itu juga, kata Anik, menandakan Kiai Marzuki memang sudah melekat dan dicintai masyarakat meski sudah tidak lagi memimpin PWNU Jatim secara langsung.

"Kecintaan masyarakat kepada Kiai Marzuki tidak redup, malah menjadi pengganti pilihan masyarakat untuk memimpin Jatim," ujarnya.

Anik beranggapan perihal ini menandakan masyarakat meletakkan angan besar agar Kiai Marzuki terus memimpin, tidak hanya pada organisasi kemasyarakatan saja, tapi lebih luas lagi ialah memimpin pemerintahan.

Wakil Ketua DPRD Jatim ini juga menyebut elektabilitas Kiai Marzuki nan berada di posisi dua setelah Khofifah Indar Parawansa itu jadi modal awal nan menjanjikan.

Padahal, kata dia, selama ini Kiai Marzuki bukan sosok politikus, tidak pernah berkoar mencalonkan diri, tidak pernah kampanye, dan apalagi lebih konsentrasi membesarkan pesantren.

"23,7 persen Itu nomor nan cukup tinggi dan banget sangat cukup untuk bisa memenangi Pilgub Jatim, mengingat rentang waktu nan sangat cukup, so pasti penduduk NU bakal bersatu, karenanya ini kesempatan besar bagi PKB untuk mengantar beliau, itupun jika beliaunya berkenan," katanya.

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik MaslachahSekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah. (CNN Indonesia/ Farid)

PKB Jatim pun berambisi agar Kiai Marzuki berkenan dicalonkan di Pilgub Jatim. Anik mengatakan pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan partai-partai lain untuk membangun koalisi.

"Kami sangat optimis untuk bisa memenangi pilgub ini mengingat selain elektabilitas awal sudah cukup untuk digas pol, apalagi sudah ada beberapa partai nan siap gabung siapapun nan dijcalonkan PKB. Berharap agar beliaunya Kiai Marzuki Berkenan," ucap dia.

Meski demikian, Anik mengatakan PKB saat ini tengah membuka desk pendaftaran calon kepala daerah. Untuk Pilgub Jatim sendiri, sudah ada beberapa pihak nan mendaftar, baik dari internal partai maupun eksternal. Namun dia enggan mengungkap siapa nama-nama pendaftar tersebut.

"Kami kan tetap proses pendaftaran ya. Sesungguhnya ada nan melakukan pendaftaran, ada dari internal, ada eksternal. Adapun tahap berikutnya adalah tetap kami melakukan pendalaman dari semua pihak," ujarnya.

Sebelumnya, Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas sejumlah tokoh di bursa Pilgub Jawa Timur 2024. nan menarik, muncul nama Mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

Dalam survei ARCI simulasi enam nama, elektabilitas Khofifah berada di nomor 42,1 persen. Kemudian ada nama Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad di nomor 13,8 persen.

Kemudian ada Bupati Sumenep nan juga kader PDIP Achmad Fauzi 11,2 persen, Ketua Golkar Jatim M Sarmuji 10,9 persen, lampau ada Mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar 10,7 persen, Menaker RI Ida Fauziyah 9,2 persen. Ada 1,1 persen responden nan tidak tahu alias tidak menjawab.

Sementara dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Khofifah di nomor 49,3 persen. Lalu KH Marzuki di nomor 20,5 persen, dan Anwar Sadad 17,7 persen. Ada 12,5 persen responden nan belum menentukan.

Lalu dalam simulasi head to head antara Khofifah melawan KH Marzuki, elektabilitas Ketum PP Muslimat NU itu menguat di nomor 59,5 persen. Sementara KH Marzuki di nomor 23,7 persen. Ada 16,8 persen responden nan belum menjawab alias belum menentukan.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional