PKB Pastikan Bangun Poros Tandingan Lawan Khofifah di Pilgub Jatim

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PKB, Abdul Halim Iskandar memastikan partainya bakal membentuk poros baru untuk melawan bakal calon gubernur petahana, Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jawa Timur 2024.

"Oh, pasti, pasti, pasti (bangun poros tandingan)," kata Abdul Halim di Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sleman, DIY, Selasa (21/5).

Namun demikian, Menteri Desa nan juga kakak Muhaimmin Iskandar itu enggan menyebut parpol mana nan bakal dirangkul guna membentuk poros baru tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia hanya menyebut ada banyak parpol potensial untuk diajak berasosiasi dalam koalisi berbareng PKB. "Oh banyak, banyak, tapi kan namanya strategi kan nggak boleh dibuka," sambungnya.

Sejauh ini, kata dia, nama mantan Ketua PWNU Jatim Marzuki Mustamar tetap jadi salah satu opsi untuk diusung maju di Pilkada Jatim 2024.

"Salah satunya (Kiai Marzuki)," pungkasnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar ragu PKB bakal membentuk poros untuk melawan bakal calon gubernur petahana, Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jawa Timur.

Ketua DPD Golkar Jatim, Sarmuji menyebut Khofifah saat ini tetap menjadi arus besar dan susah mempunyai musuh tanding di daerahnya.

Dia menyebut ada irisan antara pendukung PKB dan Khofifah di Jawa Timur saat ini. Menurut dia, irisan itu berkesempatan besar bakal terjadi hingga tingkat kabupaten kota.

Sementara itu, Wakil Sekjen PKB Syaiful Huda mengaku partainya telah mempersiapkan nama Marzuki Mustamar dan sosok wanita untuk diusung dalam Pilgub Jawa Timur 2024.

"Untuk calon kita ada Kiai Marzuki Mustamar, termasuk jika wanita kita juga sedang siapkan," kata Huda di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5).

Meski begitu, Huda tak mengungkapkan siapa tokoh wanita nan bakal diusung PKB dalam Pilgub Jatim. Ia hanya memastikan PKB bakal mengumumkan kandidat nan bakal diusung tak lama lagi.

"Mungkin [diumumkan] dua minggu lagi," kata dia.

Huda juga mengatakan PKS bakal berkoalisi dengan PKB di Pilgub Jatim. Ia mengungkapkan sudah ada komunikasi dengan PKS mengenai Pilgub Jatim.

(kum/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional