PKB Ungkap Alasan Kedatangan Ma'ruf Amin ke DPP: Rapat Pleno Pertama

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PKB Daniel Johan mengungkap argumen kehadiran Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke Kantor DPP PKB di Jakarta Pusat, Sabtu (31/8) petang.

Ma'ruf datang ke sana seusai muncul berita muktamar tandingan pada awal September 2024 nan bakal mengambil alih PKB. Sebelumnya, pada Sabtu siang ini, Garda Bangsa PKB menggelar konvensi pers merespons muktamar tandingan tersebut.

Namun begitu, menurut Daniel kehadiran Ma'ruf ke PKB bukan membahas perihal tersebut. Menurutnya Ma'ruf datang sebagai Ketua Dewan Syuro PKB periode 2024-2029 untuk mengikuti rapat pleno pertama setelah gelaran Muktamar Bali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Itu rapat pleno perdana pengurus," kata Daniel saat dikonfirmasi, Sabtu (31/8).

Sekjen PKB Hasanuddin Wahid juga mengonfirmasi kehadiran Ma'ruf ke DPP petang tadi untuk menghadiri rapat pleno perdana. Ia memastikan rapat tersebut juga tidak membahas rencana muktamar tandingan.

Hasanuddin meyakini tak bakal ada muktamar tandingan PKB. Ia menyebut pihak-pihak nan merencanakan muktamar tandingan itu sebagai "gerakan halu nan tak perlu digubris".

"Mereka itu para gembel politik nan terlunta-lunta, ngais untung dengan langkah adu domba, karenanya rapat pleno DPP tidak membahas perihal tersebut [muktamar tandaingan] sama sakali," ujar Hasanuddin.

"Rapat tadi justru dipenuhi dengan pembahasan nan lebih mendalam atas semua hasil dan rekomendasi Muktamar Bali nan meneguhkan PKB sebagai partai terbuka untuk semua, independen dan berdaulat dari ormas dan organisasi apapun," lanjut dia.

Sebelumnya, Mantan Sekjen PKB Lukman Edy dan rekan-rekannya berencana menggelar muktamar PKB tandingan awal September mendatang.

Sekretaris Fungsionaris DPP PKB A.Malik Haramain mengatakan, pihaknya menerima mandat untuk menggelar Muktamar PKB di Jakarta pada tanggal 2 hingga 3 September.

"Mandat nan kami terima itu, agar kita membikin muktamar. Muktamar kita adalah muktamar nan didukung secara moral oleh pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ialah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)," kata Haramain, saat konvensi pers di Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (25/8) awal hari.

"Sementara kita jadwalkan (muktamar ) tanggal 2 hingga 3 September di Jakarta," lanjutnya.

(ryn/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional