PKS Resmi Usung Sohibul Iman Sebagai Calon Gubernur Jakarta

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan mereka mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur Daerah Khusus Jakarta di Pilgub Jakarta pada November mendatang.

Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri, mengatakan majelis pemimpin partai (DPP) telah sepakat mengusulkan Sohibul Iman.

"Sebagai Partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan bakal memperjuangkan kader terbaiknya sebagai Calon Gubernur DK Jakarta," ujar Mabruri dalam rilis resmi, Minggu (23/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia lampau berujar, "Kandidat nan kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, nan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS."

Mabruri menjelaskan Sohibul Iman mempunyai integritas dan kapabilitas nan mumpuni.

Lebih lanjut, dia menyebut PKS di bawah ketua Sohibul mempunyai peningkatan bunyi dan bangku secara signifikan di parlemen. Dari 40 bangku di 2014, menjadi 50 bangku di periode pemilu selanjutnya.

Di Pemilu 2014, PKS meraih bunyi sekitar 8,46 juta bunyi alias 6,77 persen. Kemudian di kontestasi politik selanjutnya, partai ini mengantongi 11,49 juta bunyi alias 8,21 persen.

"Artinya, beliau mempunyai kepemimpinan nan teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga mempunyai jejak nan panjang di bumi politik," imbuh Mabruri.

Sohibul Iman terpilih tiga kali menjadi Anggota DPR pada 2009-2014, 2014-2019, dan periode 2024-2029. Dia juga sempat menjadi Wakil Ketua DPR RI.

Sebelum terjun di bumi politik, Sohibul Iman juga dikenal sebagai seorang teknokrat dan cerdas pandai Muslim. Ia lama berkecimpung di bagian teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan Teknologi.

Tak hanya itu, dia pernah memimpin Universitas Paramadina sebagai Rektor, dan memimpin beragam lembaga nirlaba nan konsentrasi dalam pengembangan inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia strategis.

"Pak Sohibul Iman ini figur nan tepat untuk memimpin Jakarta. beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat nan andal, politisi nan mumpuni, dan intelektual nan disegani di bumi pendidikan," ujar Mabruri.

Nama Sohibul Iman jarang terdengar sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Sebelumnya, DPW PKS DKI Jakarta apalagi mengusulkan Anies Baswedan untuk maju di pemilihan wilayah ini.

Sejumlah pengamat juga menilai PKS, PKB, dan NasDem mempunyai bunyi nan cukup untuk mengusung Anies. Selain itu, nama Anies lebih mentereng di beberapa lembaga survei, dibanding Sohibul Iman.

(isa/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional