PKS Tak Masalah Koalisi dengan PDIP di Pilkada

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 18 Jun 2024 15:10 WIB

Politikus PKS Hidayat Nur Wahid mengungkap kesempatan besar koalisi dengan PDIP di Pilkada 2024. Politikus PKS Hidayat Nur Wahid bicara kesempatan koalisi dengan PDIP. (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengatakan partainya tidak masalah untuk berkoalisi dengan PDIP di Pilkada 2024.

Ia mencontohkan dengan koalisi PKS dengan PDIP di sejumlah pilkada sebelumnya dan dengan PKB di Pilpres 2024.

"Ya dengan siapa pun memang, dan dengan PDIP pun kita sudah berapa kali koalisi dalam Pilgub dan juga dalam Pilkada," kata Hidayat di DPP PKS Jakarta Selatan, Selasa (18/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dulu orang mengatakan antara PKB dan PKS itu seumpama minyak dan air, rupanya kan kita bisa asik, masuk gitu ya," dia menyinggung koalisi pendukung pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pemilu 2024.

Hidayat pun mengungkap deret koalisi PKS-PDIP di sejumlah Pilkada sebelumnya.

"Dulu waktu Pilgub Sulawesi Selatan, PDIP mendukung juga calon dari PKS. Beliau nan sudah 2 kali menjadi bupati di Bantaeng dan kemudian diusung oleh PKS dan PDIP mendukung. Di Kalimantan Selatan, di Banjarmasin dan kita menang waktu di Sulawesi Selatan," katanya.

Menurut dia, gelaran Pilkada adalah relaksasi terhadap beragam pengelompokan nan terjadi saat Pilpres.

Hidayat mengatakan koalisi-koalisi baru bisa saja muncul saat Pilkada.

"Sekarang dalam konteks Pilkada kita mencair lagi, kita bisa membangun koalisi-koalisi nan baru. Dan jika pun kelak PDIP mendukung apa nan juga dipikirkan oleh PKS, tentu itu juga baik saja," katanya.

Sebelumnya, PDIP tengah menimbang buat mengusung politikus Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024. Sosok nan sama juga nyaris pasti diusung PKS.

(yoa/arh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional