Polisi Duga Mobil Wisatawan Masuk Jurang di Bromo Gara-gara Rem Blong

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Malang, Jawa Timur, menduga kecelakaan nan menewaskan empat orang visitor di jalur area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terjadi lantaran rem blong.

Kasat Lantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta di Tumpang, Kabupaten Malang mengungkapkan konklusi awal kecelakaan tunggal di Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Senin petang itu diduga lantaran hambatan teknis kendaraan.

"Kejadian tersebut diduga lantaran hambatan teknis dari kendaraan, namun tetap kami dalami. Kendala teknis ini, ini tetap dugaan awal, kemungkinan besar rem blong," kata Adis seperti dikutip Antara, Selasa (14/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan info nan dihimpun dari saksi mata, kejadian terjadi antara pukul 18.00 hingga 18.30 WIB. Kendaraan berpelat B 1683 TJG itu melintas area TNBTS menuju Poncokusumo Kabupaten Malang dari Kabupaten Lumajang.

Mengutip keterangan saksi, sambung Adis, pengemudi kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) sudah beberapa kali melintas di jalur TNBTS untuk menuju Kabupaten Malang.

"Untuk pengemudi, sudah beberapa kali menggunakan jalur TNBTS menuju Malang. Jadi mungkin sudah mengerti betul untuk jalur nan dilalui. Ada sembilan penumpang di dalamnya," katanya.

Dalam peristiwa kecelakaan tersebut ada lima orang nan berada di dalam kendaraan, sementara empat lainnya terlempar keluar. Kendaraan tersebut terjun ke jalur lain nan berada di bawahnya dan kemudian masuk ke dalam jurang.

"Mobil terjun dari jalur utama. Namun, kita bakal memastikan kembali saat pencahayaan cukup untuk memastikan titik jatuhnya mobil. Kedalaman lembah dari jalur utama di TNBTS kurang lebih 80 meter," katanya.

Ia merinci empat orang korban meninggal bumi berjulukan Imriti Yasin Ali Rahbini, Muslihi Irvani, Tutik Kuntiarti, dan Sulimah. Sementara lima penumpang lain nan selamat adalah Siti Aminah, Fatin, Nafla Syakira, Naila Salsabila dan Hafis Muhammad Rafif.

"Lima orang nan selamat dirujuk ke Rumah Sakit Tentara (RST) Soepraoen Kota Malang. Untuk nan meninggal seluruhnya orang dewasa, tiga anak mengalami luka dan ada satu ibu mengandung nan selamat. Seluruhnya penduduk Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang," katanya.

Proses pemindahan kendaraan tersebut tetap menunggu kondisi pencahayaan nan memadai, mengingat letak peristiwa kecelakaan itu berada di jalur area taman nasional tanpa pencahayaan.

(sfr)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional