Polisi Identifikasi 10 Pelaku Penyerangan Diskusi Forum Tanah Air

Sedang Trending 11 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi telah mengidentifikasi 10 orang nan menyerang dan membubarkan acara diskusi Forum Tanah Air di hotel wilayah Kemang, Jakarta Selatan.

"Ada 10 orang, sudah kita identifikasi dan ketahui nama-nama pelakunya," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Rahmat Idnal kepada wartawan, Sabtu (28/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ade Rahmat mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pengejaran terhadap para pelaku untuk dilakukan proses hukum.

"Akan segera kita tangkap dan proses hukum," ujarnya.

Sebelumnya, aktivitas obrolan nan diselenggarakan oleh Forum Tanah Air di sebuah hotel di Kemang, Jakarta Selatan dibubarkan paksa oleh sekelompok orang pada Sabtu (28/9).

Diskusi itu dihadiri oleh sejumlah tokoh. Di antaranya, Refly Harun, Marwan Batubara, Said Didu, M. Din Syamsuddin, Rizal Fadhilah, Sunarko. Kemudian Tata Kesantra dan Ida N Kusdianti, Ketua dan Sekjen Forum Tanah Air.

Din Syamsuddin mengatakan sejak pagi sekelompok massa telah melakukan tindakan orasi dari atas mobil komando di depan hotel sebelum aktivitas dimulai.

Kemudian, saat aktivitas bakal dimulai massa tersebut justru masuk ke dalam ruangan dan mulai melakukan tindakan perusakan.

"Acara baru bakal dimulai massa pemberontak memasuki ruangan hotel dan mengobrak-abrik ruangan. Polisi terlihat tak bersuara membiarkan massa pengacau," ucap Din.

Di sisi lain, Kapolsek Mampang Prapatan Kompol Edy Purwanto menerangkan pada hari ini pihaknya melakukan pengamanan tindakan demo oleh Aliansi Cinta Tanah Air di depan hotel tersebut.

"Lalu di saat kami konsentrasi pengamanan aktivitas unras di depan, tiba-tiba kami mendapatkan info ada sekelompok orang tak dikenal masuk lewat gerbang pintu belakang," kata Edy kepada wartawan.

"Massa nan melakukan perusakan itu masuk, kami tidak tahu lantaran memang aktivitas di dalam juga apa kami tak tahu, lantaran tak ada pemberitahuan ke Polsek alias Polres mengenai kegiatan," imbuhnya.

Edy menyebut untuk tindakan demo itu, sudah ada surat pemberitahuan nan diberikan ke pihak kepolisian. Ia juga menyebut tindakan demo itu melangkah lancar dan tak ada kendala.

Edy menduga tindakan penyerangan itu dilakukan oleh golongan berbeda dengan mereka nan menggelar tindakan demo.

"Jadi orang berbeda dengan golongan nan melakukan unras," ujarnya.

(dis/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional