RK soal Twit Lama Terkait Jakarta: Saya Sudah Minta Maaf, Mau Apalagi?

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) kembali disinggung soal kicauan alias twit lama nan pernah ditulis di Twitter --kini X-- mengenai penduduk Jakarta.

RK mengatakan dirinya setidaknya sudah tiga kali meminta maaf atas twit lamanya tersebut. Ia pun mempertanyakan kenapa twit lamanya itu terus dipermasalahkan oleh sejumlah pihak.

"Dan saya sudah meminta maaf, mau apa lagi? Apakah tiap 5 tahun kudu berulang lagi? Kan saya sampaikan saya sudah minta maaf 3 kali. Pertama tahun 2013, kedua tahun 2018, muncul lagi 2024, kan gitu," kata RK saat menghadiri aktivitas Kahforward di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu (28/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Nah, masalah benar-tidaknya silakan direnungkan, lantaran twit saya itu post truth, realita nan dialami dan disampaikan. Kalau pilihan saya tidak berkenan makanya saya minta maaf. Setelah minta maaf mau apa lagi? Saya kudu gimana? Saya minta maaf," imbuhnya.\

RK juga menyebut twit lamanya itu sudah tak relevan lagi untuk terus dibahas. Ia pun mencontohkan soal iklan rokok nan dulunya biasa saja, namun sekarang dianggap tak etis.

Ia juga mencontohkan soal iklan mobil nan menggunakan model wanita dulu dianggap normal, tapi sekarang dinilai seksis.

"Jadi jika terus-terusan masa lampau dibaca 5 tahun, menurut saya sudah tidak relevan," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah twit RK nan viral berisi kritik maupun sindiran kepada kota dan penduduk Jakarta. Ada juga kritik terhadap DPR.

Salah satu twit RK nan ramai dibagikan dan posting ulang dalam format screenshot berbunyi: Tengil, gaul, glamor, songong, pelit, gengsian, egois, pekerja keras, tahan banting, pamer, hedon. Itu karakter org JKT. #citybranding.

Beberapa waktu lalu, RK juga telah memberikan penjelasan atas twit tersebut. Ia juga menyampaikan permintaan maaf kepada pihak-pihak nan tersakiti maupun tersindir dengan twit lamanya. Ia mengaku juga pernah meminta maaf soal itu pada 2017-2018 lalu.

"Untuk twit-twit saya nan lama, saya akui dulu saya kurang bijak dan mungkin kurang literasi, apalagi kurang sopan. Saya minta maaf jika ada pihak-pihak nan tersakiti, terkritik, tersindir, alias terhina dengan langkah saya berekspresi. Semoga saya bisa lebih baik lagi ke depan. 2017-2018 saya pernah meminta maaf tentang hal-hal ini. Saya banyak belajar," kata RK dalam cuitannya, Minggu (25/8).

(dis/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional