Polisi Sebut Tak Ada Unsur Pidana dalam Kontes Transgender di Jakpus

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 07 Agu 2024 16:27 WIB

Polisi mengatakan tak ada unsur pidana dalam kontes transgender di Jakpus. Selanjutnya bakal didalami dugaan pelanggaran Perda oleh Satpol PP. Ilustrasi. Polisi mengatakan tak ada unsur pidana dalam kontes transgender di Jakpus. Selanjutnya, didalami Satpol PP. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi menyatakan tak ada unsur pidana dalam penyelenggaraan kontes kecantikan transgender di sebuah hotel di Jakarta Pusat.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Dhanar Dhono Vernandhie menjelaskan aktivitas itu diikuti personil organisasi transpuan. Dia telah menggelar rapat dengan Kasatpol PP Jakarta Pusat dan Kepala Seksi Pengawasan Industri Pariwisata Sudin Parekraf Jakarta Pusat, Rabu (7/8).

"Para pesertanya adalah rekan-rekan dari organisasi transpuan," kata Dhanar dalam keterangannya kepada wartawan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menyebut arena kecantikan itu digelar di Hotel Orchardz Jakarta Pusat pada Minggu (4/8) sore. Dhanar pun menerangkan polisi langsung mengecek ke letak setelah video aktivitas tersebut viral di media sosial.

Sebanyak lima saksi dimintai keterangan oleh polisi. Mereka terdiri dari dua orang pihak hotel dan tiga orang dari event organizer (EO) dan ketua panitia acara.

Dhanar menyatakan memang tak ada izin keramaian nan dikeluarkan untuk aktivitas itu sesuai Perpol Nomor 7 Tahun 2023. Namun, dia menegaskan tak ada ada unsur pidana mengenai penyelenggaraan kontes kecantikan transgender tersebut.

"Enggak ada (unsur pidana), enggak ditemukan," ujarnya.

Selanjutnya, pihak Satpol PP nan bakal mendalami dugaan pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) dalam aktivitas tersebut.

"Hasil penyelidikan kami tadi sudah dirapatkan dengan teman-teman dari Pemda. Tadi disimpulkan bakal ditindaklanjuti dari teman-teman Pemda," ucapnya.

Sebelumnya, sebuah video nan memperlihatkan aktivitas kontes kecantikan transgender wanita-pria alias waria di sebuah hotel area Jakarta Pusat viral di media sosial.

Dalam video nan beredar, terlihat sejumlah kontestan nan diduga transgender tampak berlenggang di panggung selayaknya tampil dalam sebuah arena kecantikan. Para kontestan itu juga tampak memakai selempang nan bertuliskan asal wilayah mereka.

Masih dalam unggahan itu, juga terlihat sebuah foto nan memperlihatkan pemenang dari arena tersebut. Pemenang pun tampak diberikan mahkota dan selempang bertuliskan 'winner'.

(dis/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional