Polisi Selidiki Pembubaran Diskusi FTA di Kemang oleh Masa Tak Dikenal

Sedang Trending 11 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi menyelidiki tindakan penyerangan aktivitas diskusi Forum Tanah Air oleh sekelompok orang di sebuah hotel di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9).

Kapolsek Mampang Prapatan Komisaris Edy Purwanto mengatakan pengamanan sejak awal sudah dilakukan petugas di letak kejadian. Pengamanan dilakukan lantaran ada tindakan unjuk rasa selain obrolan Forum Tanah Air.

"Saat kami konsentrasi pengamanan aktivitas unras  (unjuk rasa) di depan, tiba-tiba kami mendapatkan info ada sekelompok orang tak dikenal masuk lewat gerbang pintu belakang," kata Edy kepada wartawan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Massa beringas merusak dan merangsek masuk. Petugas menurut Edy sejak awal tidak tahu ada agenda apa di dalam ruangan.

"Kami tidak tahu lantaran memang aktivitas di dalam juga apa kami tak tahu lantaran tak ada pemberitahuan ke Polsek alias Polres mengenai kegiatan," imbuhnya.

Edy menyebut untuk tindakan demo itu, sudah ada surat pemberitahuan nan diberikan ke pihak kepolisian. Ia juga menyebut tindakan demo itu melangkah lancar dan tak ada kendala.

Edy menduga tindakan penyerangan itu dilakukan oleh golongan berbeda dengan mereka nan menggelar tindakan demo.

"Jadi orang berbeda dengan golongan nan melakukan unras," ujarnya.

Edy mengatakan saat ini pihaknya tetap mendalami soal tindakan penyerangan dan perusakan di aktivitas obrolan tersebut. Penyerangan diduga dilakukan sejumlah orang.

"Saat ini kami berbareng Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan bakal melakukan pengembangan dan penyelidikan pada pelaku perusakan," katanya.

Pelaku teridentifikasi 10 orang

Sementara itu Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Rahmat Idnal menyampaikan pihaknya telah mengidentifikasi para pelaku. Saat ini, kepolisian tengah melakukan pengejaran.

"Sudah kita identifikasi dan ketahui nama-nama pelakunya, bakal segera kita tangkap dan proses hukum. Ada 10 orang," kata Ade Rahmat.

Sebelumnya, aktivitas obrolan nan diselenggarakan oleh Forum Tanah Air di sebuah hotel di Kemang, Jakarta Selatan dibubarkan paksa oleh sekelompok orang pada Sabtu (28/9).

Diskusi itu dihadiri oleh sejumlah tokoh. Di antaranya, Refly Harun, Marwan Batubara, Said Didu, Din Syamsuddin, Rizal Fadhilah, Sunarko. Kemudian Tata Kesantra dan Ida N Kusdianti, Ketua dan Sekjen Forum Tanah Air.

Din Syamsuddin mengatakan sejak pagi sekelompok massa telah melakukan tindakan orasi dari atas mobil komando di depan hotel sebelum aktivitas dimulai.

Kemudian, saat aktivitas bakal dimulai massa tersebut justru masuk ke dalam ruangan dan mulai melakukan tindakan perusakan.

"Acara baru bakal dimulai massa pemberontak memasuki ruangan hotel dan mengobrak abrik ruangan. Polisi terlihat tak bersuara membiarkan massa pengacau," ucap Din.

(dis/sur)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional