Polisi Terjunkan 4 Ribu Personel Amankan Kunjungan Paus Fransiskus

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 4.730 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan kunjungan Paus Fransiskus dan aktivitas International Sustainability Forum (ISF) di Jakarta.

Ribuan personel campuran itu merupakan bagian dari penyelenggaraan Operasi Tribata Jaya 2024 nan digelar pada 2-7 September.

"Dalam operasi ini, personel nan dilibatkan sebanyak 4.730 personel dengan rincian 1.210 dari personel Mabes Polri, kemudian 3.520 dari jejeran Polda Metro Jaya," kata Kepala Biro PID Divhumas Polri Brigjen Tjahyono Saputro kepada wartawan, Sabtu (31/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebagai persiapan, kata Tjahyono, pihaknya pun telah menggelar tactical floor game (TFG) pada Jumat (30/8).

Dalam TFG itu, lanjut dia, dipersiapkan sejumlah skenario mengenai upaya pengamanan nan dilakukan oleh anggota.

"Dilaksanakan skenario-skenario nan kemungkinan bakal terjadi, mulai dari penyelenggaraan kehadiran bapak Paus, sampai dengan keberangkatan kembali menuju Papua Nugini," ucap dia.

"Kemudian juga skenario-skenario juga dilatihkan mengenai dengan kondisi situasional seperti andaikan terjadi musibah alam ataupun hal-hal lain nan sifatnya mengganggu daripada penyelenggaraan pengamanan ini," imbuhnya.

Tjahyono menyebut dalam TFG itu pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi tindakan teror hingga demonstrasi selama kunjungan Paus dan aktivitas ISF.

"Sudah diskenariokan apa-apa kemungkinan nan terburuk terjadi, mulai dari gangguan terorisme, kemudian unjuk rasa terhadap orang-orang nan mungkin tidak berkenan kehadiran ini, termasuk juga dengan adanya gempa bumi andaikan ini terjadi," tuturnya.

Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan perjalanan apostolik ke sejumlah negara di Asia Pasifik terutama Asia Tenggara dengan Indonesia sebagai negara pertama nan dikunjungi.

Paus dijadwalkan bakal tiba di Indonesia pada Selasa (3/9). Sehari setelah tiba, pemimpin umat Katolik itu bakal berjumpa Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (4/9).

Selain itu, Paus juga dikabarkan bakal mengunjungi Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal.

Selain itu, Paus juga bakal berjumpa dengan perwakilan dari enam kepercayaan dan denominasi resmi Indonesia ialah umat Islam, Protestan, Katolik, Buddha, Hindu, dan Konghucu di Masjid Istiqlal pada Kamis (5/9).

Pada hari nan sama, Paus asal Argentina itu juga bakal memimpin misa akbar nan dihadiri sekitar lebih dari 80 ribu umat Katolik di stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

(dis/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional