Polisi Usut Laporan KAI soal Pria Ngaku Masinis di Podcast Misteri

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 09 Okt 2024 23:40 WIB

Polda Metro Jaya menyelidiki laporan nan dilayangkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengenai laki-laki mengaku sebagai masinis dan tampil dalam sebuah konten misteri. Polda Metro Jaya menyelidiki laporan nan dilayangkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengenai laki-laki mengaku sebagai masinis dan tampil dalam sebuah konten misteri. Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi menyelidiki laporan nan dilayangkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengenai laki-laki nan mengaku sebagai masinis dan tampil dalam sebuah konten misteri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan laporan itu bermulai dari konten nan ditayangkan akun Youtube Lentera Malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Medsos Youtube podcast Lentera Malam nan memberitakan bahwa terlapor AR ini mengaku sebagai masinis kereta api dan menceritakan seluruh pengalamannya sebagai masinis di wilayah Manggarai - Cigading menggunakan seragam KAI," kata Ade Ary kepada wartawan, Rabu (9/10).

Disampaikan Ade Ary, dalam laporan itu pelapor melaporkan soal dugaan tindak pidana terhadap penguasa umum sesuai dengan Pasal 22 KUHP.

"Ini bakal diusut tuntas oleh teman-teman dari tim penyelidik Subdit Kamneg (Keamanan Negara) Ditreskrimum Polda Metro Jaya," ujarnya.

Lebih lanjut, Ade Ary menyebut ada kesempatan pemilik akun YouTube Lentera Malam itu bakal diperiksa oleh penyelidik jika keterangannya diperlukan untuk proses penyelidikan.

"Dalam rangkaian peristiwa itu ada pihak-pihak mengenai nan bakal didalami oleh interogator itu juga bakal dipanggil nantinya. Tergantung kepentingan untuk melengkapi kebenaran peristiwa nan dilaporkan oleh korban," tutur dia.

Terpisah, PT KAI menyesalkan konten misteri nan menampilkan sosok masinis abal-abal tersebut sebagai narasumber. Mereka pun menegaskan sosok laki-laki dalam tayangan itu bukanlah pegawai PT KAI.

"Kami sangat menyesalkan tayangan podcast dengan aliran seram ini, nan menampilkan sosok nan seolah-olah pegawai KAI nan berprofesi sebagai masinis. Kami menegaskan bahwa tayangan tersebut tidak berasal dari pegawai internal KAI, dan sosok nan ditampilkan bukanlah masinis kereta api," ucap Plh Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Tohari dalam keterangannya.

Tohari menyampaikan pihaknya menyerahkan proses norma atas kasus ini ke Polda Metro Jaya. Ia menyebut konten misteri itu saat ini juga telah ditarik (take down) oleh pemilik akun.

"Saat ini, tayangan tersebut telah di-take down oleh akun nan bersangkutan. KAI berambisi kejadian ini tidak terulang kembali. Kami juga berambisi masyarakat dapat lebih kritis dalam menerima informasi, terutama nan berangkaian dengan keselamatan dan reputasi jasa kereta api," ujarnya.

(dis/rds)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional