Polri Dorong Pemda Bali Terapkan WFH Selama Gelaran WWF ke-10

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 14 Mei 2024 05:45 WIB

Korlantas Polri mendorong Pemda Bali menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (WFH) selama aktivitas World Water Forum (WWF) ke-10, pada 18-24 Mei 2024. Korlantas Polri mendorong Pemda Bali menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (WFH) selama aktivitas World Water Forum (WWF) ke-10, pada 18-24 Mei 2024. (CNN Indonesia/ Taufiq Hidayatullah).

Jakarta, CNN Indonesia --

Korlantas Polri mendorong Pemda Bali agar menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home/ WFH) selama aktivitas World Water Forum (WWF) ke-10, pada 18-24 Mei 2024.

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso mengatakan lewat kebijakan WFH itu diharapkan membantu mengurangi kemacetan arus lampau lintas di area sekitar letak WWF.

"Itu tetap kita usulkan. Kita mendorong pemda setempat baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk mengurangi kepadatan nan ada pada tanggal penyelenggaraan World Water Forum. Namun, keputusannya tetap kita tunggu," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (13/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, Slamet mengatakan pihaknya juga sudah menyiapkan rute alias jalur nan bakal digunakan kepala negara dan delegasi peserta aktivitas tersebut.

Ia menyebut nantinya diterapkan sejumlah rekayasa lampau lintas berupa buka tutup jalur untuk memprioritaskan perjalanan para tamu negara.

Lebih lanjut, Slamet mengatakan pihak kepolisian juga telah berkoordinasi dengan petugas setempat untuk menyiapkan kantong parkir sebagai buffer zone di area sekitar letak WWF.

"Buka tutup tidak selamanya tapi pada saat rombongan nan lewat kita tutup. Kalau sudah lewat kita buka lagi. Sehingga ini kita harapkan tidak mengganggu aktivitas masyarakat dan wisatawan yang datang ke Bali," jelasnya.

Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran sebelumnya ditunjuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Operasi Puri Agung untuk mengawal penyelenggaraan WWF ke-10 nan bakal digelar di Bali.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan operasi terpusat itu bakal dilaksanakan selama 10 hari terhitung mulai tanggal 17-25 Mei mendatang.

Dalam rangka pengamanan tersebut, Sandi mengatakan terdapat 5.791 personel nan dikerahkan mulai dari Mabes Polri, Polda Bali, Polda Jawa Timur dan Polda Nusa Tenggara Barat.

Sandi menambahkan nantinya seluruh personel itu bakal dibagi menjadi 10 Satuan Tugas (Satgas) nan berbeda selama penyelenggaraan Operasi Puri Agung. Mulai dari Satgas Preemtif; Preventif; Warlolakir; Tindak; Gakkum; Anti Teror; Humas; Banops; serta Pengamanan Wilayah Jatim dan NTB.

Indonesia bakal menjadi tuan rumah aktivitas World Water Forum (WWF) ke-10 nan berjalan di Bali pada 18-25 Mei 2024. Kementerian Luar Negeri menyebut aktivitas itu nantinya bakal menyoroti beragam masalah mengenai krisis air, salah satunya ekploitasi air tanah.

Sementara itu Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, mengatakan WWF menjadi kesempatan emas bagi Indonesia. Indonesia, kata dia, berkesempatan mendorong dan memimpin bumi mengatasi persoalan air.

(tfq/sfr)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional