Potensi Pertarungan Perempuan di Pilwalkot Bandung

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung, CNN Indonesia --

Menjelang pemilihan Wali Kota Bandung, Jawa Barat, muncul sejumlah nama wanita nan digadang-gadang untuk dimajukan dalam pilwalkot pada Pilkada serentak 2024 ini.

Beberapa nama nan mencuat di antaranya adalah Siti Muntamah alias nan berkawan disapa Ummi Oded (istri dari mantan Wali Kota Bandung almarhum M Oded Danial) dan Atalia Praratya Kamil (istri mantan gubernur Jabar Ridwan Kamil).

Lalu, Nurul Arifin nan merupakan politikus Golkar, dan Yena Iskandar Ma'soem dari PDIP.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pengamat politik Nana Rukmana mengatakan nama-nama nan muncul itu membuka kesempatan Kota Bandung untuk kali pertama dipimpin seorang wanita sebagai wali kota.

Selain itu, Nana menilai para kandidat itu pun terbilang mumpuni untuk menjadi pemimpin wilayah di kota Bandung lantaran rekam jejak masing-masing. Sehingga, dia merasa percaya dengan kesinambungan program pemkot Bandung andaikan satu dari wanita tersebut terpilih dan dilantik jadi wali kota.

"Kita lihat gimana Ummi Oded sering terjun ke masyarakat, lampau Atalia nan kuat dengan Jabar Bergeraknya, Nurul Arifin dengan anak mudanya. Lalu sekarang ada lagi calon wanita lainnya ialah Yena Iskandar Ma'soem nan merupakan penggiat bumi kesehatan sekaligus entepreneur nan sukses," kata dia nan juga Director Centre for Political Analysis Strategic Indonesia, Senin (3/6).

Pendapat Nana pun diamini Guru Besar Universitas Padjajaran Prof Muradi.

"Meski sebenarnya sangat memungkinkan [debut wali kota wanita di Bandung] adanya beberapa nama nan layak. Seperti Atalia, Ummi Oded hingga Nurul Arifin. Hanya saja penentuan nama-nama ini kudu selesai dulu di internal partai," katanya merujuk proses pengusungan nan tetap berjalan di sejumlah parpol pemilik kewenangan usung saat ini.

Namun semua bisa saja terjadi, kata Muradi, hanya saja semuanya tetap belum pada puncaknya.

Dia mengatakan dinamika Pilwalkot Bandung saat ini tetap sangat terbuka, dan kemungkinan wanita maju pun tetap ada. Hanya saja, sambungnya, peta politik secara keseluruhan untuk Pilwalkot Bandung belum terlihat.

Sementara itu, Koordinator Lingkar Studi Ilmu Politik (LSIP) Amir Sudrajat, menilai di antara empat wanita nan digadang muncul untuk Pilwalkot Bandung, Yena yang juga dikenal sebagai pengusaha bisa menjadi alternatif.

"Pengalamannya dalam bumi kesehatan bisa dijadikan bekal untuk membikin Kota Bandung lebih baik lagi dalam melayani kesehatan sebagai kebutuhan dasar publik. Seperti diketahui meski mempunyai puluhan rumah sakit nan menerima BPJS, penduduk Kota Bandung tetap kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," katanya.

Kandidat bakal Cawalkot Bandung dari kaum pria

Selain itu, pada April lalu, Ketua Golkar Kota Bandung Edwin Sanjaya mengatakan Atalia memutuskan mundur dari bursa pencalonan Wali Kota Bandung.

Sebelumnya Atalia dan Edwin memang ditugaskan DPP Golkar untuk bersiap-siap maju dalam Pilwalkot Bandung.

"Betul, info terakhir Atalia mundur dari pencalonan kepala wilayah dari Golkar," kata Edwin, Kamis (25/4).

Edwin menyebut ada satu nama potensial ialah Arfi Rafnialdi nan dipersiapkan dalam bursa calon Wali Kota Bandung menggantikan Atalia Praratya yakni Arfi Rafnialdi. Arfi  juga sempat mencuat dalam bursa Pilwalkot Bandung tahun 2018.

Arfi juga masuk bursa penjaringan Demokrat untuk Pilwalkot Bandung.

"Juni pertengahan kelak bakal ada nama-nama untuk direkomendasikan ke DPD. (Koalisi partai?) kelak baru setelah beres penjaringan, bakal mengarah ke koalisi mana," kata Ketua DPC Partai Demokrat Aan Andi Purnama, Selasa (28/5) dikutip dari detikJabar.

Dalam penjaringan bacawalkot tersebut, terdapat tiga nama nan bakal diusung partai berlambang bintang mercy itu ialah Arfi, Dandan Riza Wardana, dan Ijang Faisal.

"Nanti ketiganya bakal diusulkan dulu ke DPD," ucap Aan.

Sementara itu, PKB diketahui sejauh ini mendorong Ketua DPC PKB Bandung Erwin untuk maju pada Pilwalkot Bandung. Pada 20 Mei lalu, kepada wartawan, Erwin mengaku pihaknya sudah menjalin komunikasi politik pada partai-partai lainnya untuk maju berbareng dalam Pilwalkot Bandung.

Kelompok selebritas pria pun disebut bakal terjun pula ke Pilwakot Bandung seperti komedian ialah Denny Chandra nan menjadi satu dari 10 nama lolos penjaringan Gerindra Bandung. Denny juga mengaku sudah mendaftar ke NasDem dan PDIP untuk maju di pilwalkot Bandung. Ada pula komedian nan menjadi caleg PDIP pada Pemilu 2024 lalu, Ronal Surapradja.

(csr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional