Prahara Industri Tekstil: Panamtex Ajukan Pailit, Sritex Turun Drastis Pendapatannya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Pandanarum Kenanga Textile (Panamtex) ditetapkan pailit oleh Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Semarang, pada 12 September 2024. Pada perkara ini, pemohon pabrik tekstil pailit tersebut adalah Budi Purwanto dan Sukamto nan merupakan eks tenaga kerja Panamtex.

Mereka sudah melayangkan gugatan ini sejak 12 Juli 2024 dengan nomor perkara 10/Pdt.Sus-Pailit/2024/Pn Niaga Smg. Pada perkara ini, pengadil ketua, Pesta Partogi Hasiholan Sitorus, mengabulkan gugatan pemohon dengan menetapkan Panamtex pailit.

“Menyatakan PT Pandanarum Kenanga Textile (PT Panamtex) selaku Termohon dalam keadaan pailit dengan segala akibat hukumnya,” bunyi putusan Pengadilan Negeri Semarang, seperti tercatat dalam pn-semarangkota.go.id

Sritex Pailit

Sebelum Panamtex, Sritex lebih dulu dikabarkan menghadapi kondisi sulit, tetapi perusahaan tekstil ini sukses melaluinya. Sritex lolos dari pailit usai kebanyakan kreditur sepakat menerima proposal perdamaian emiten industri tekstil tersebut.

Juru bicara Pengadilan Niaga Semarang, Eko Budi Supriyanto, menyampaikan, Sritex sudah beberapa kali mendapatkan perpanjangan penundaan pembayaran tanggungjawab utang (PKPU) sesuai ketentuan tidak lebih 270 hari.

Lalu, pada 21 Januari 2022, Sritex menuntaskan rapat kreditur di Pengadilan Niaga Semarang nan menyepakati rencana tenteram oleh semua kreditur separati. Dengan kesepakatan ini, voting mencapai kuorum sehingga Sritex dan tiga anak usahanya sukses mendapatkan restrukturisasi. Adapun, ketiga anak perusahaan tersebut adalah PT Sinar Pantja Djaja (SPD), PT Bitratex Industries (BI), dan PT Primayudha Mandirijaya (PM).

Sritex telah memperjuangkan langkah norma sejak 19 April 2021 saat pertama kali PKPU diajukan. Permohonan itu dikabulkan pada 12 Mei 2021 dengan nomor Putusan 12/Pdt.SusPKPU/2021/PN.Niaga.Smg.

Berdasarkan info Tim Pengurus PKPU Sritex, total tagihan Sritex mencapai Rp26 triliun. Keseluruhan tagihan ini berasal dari kreditur separatis senilai Rp716,7 miliar dan tagihan kreditur konkuren Rp25,3 triliun. Setelah kesepakatan tercapai, Sritex bakal merestrukturisasi pokok utang bilateral dan utang sindikasi senilai US$344 juta menjadi akomodasi Unsecured Term Loan selama 12 tahun.

Sritex juga bakal merestrukturisasi pokok terutang dari utang bilateral dan utang sindikasi senilai US$ 267,2 juta sebagai Secured Working Capital Revolver selama 5 tahun. Sementara itu, pokok utang bilateral dan utang sindikasi bakal direstrukturisasi menjadi Secured Term Loan dengan jangka waktu 9 tahun.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Sritex, Iwan (Wawan) Kurniawan Lukminto, membenarkan Sritex sempat berada di lembah pailit, tetapi dapat ditangani dengan baik.

“Melalui public expose itu kami juga sampaikan tentang kondisi pertekstilan sekarang ini nan memang kurang baik dan di situ juga kita sampaikan bahwa kondisi Sritex saat ini sudah ada sedikit perbaikan. Tapi jika untuk berita di sosmed bahwa kami ambruk alias apa, itu bukan buletin nan benar,” ucap Wawan, pada 29 Juni 2024.

Saat ini, Wawan mengungkapkan, utilitas Sritex berada pada 70-80 persen nan tetap bisa mengekspor produk ke sejumlah negara melalui pasar mereka. Ia juga menyebutkan, argumen industri tekstil pailit alias sedang terpuruk, ialah aspek internal (dampak pandemi dan daya beli masyarakat menurun) serta eksternal (peperangan, perlambatan ekonomi global, peralatan masuk dari Cina alias impor, dan izin pemerintah).

RACHEL FARAHDIBA R  | SEPTIA RYANTHIE 

Pilihan Editor: PT Sritex Bantah Perseroan Bangkrut, Tapi Akui Pendapatan Turun Drastis

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis