Pramono Anung Menangis Saat Pamit di Setkab

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Kabinet Pramono Anung sempat menitikkan air mata saat berpamitan dengan jejeran deputi hingga staf Sekretariat Kabinet (Setkab) di Gedung Krida Bhakti, Jakarta Pusat, Jumat (20/9).

Pramono mengaku sedih lantaran kudu meninggalkan Setkab nan sudah sembilan tahun terakhir menjadi rumah keduanya. Suara Pramono tercekat dan parau saat menutup sambutannya di hadapan pegawai Setkab nan berkumpul dalam satu ruangan.

"Sehingga dengan demikian saudara-saudara sekalian, dengan hati dan ... saya terima kasih," kata Pramono.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pramono menambahkan selama berkarir mulai dari dari menjadi personil DPR selama empat kali periode hingga kini. Ia merasa ikatan paling kuat terjadi saat dia menjabat sebagai Seskab.

"Saya merasa bonding nan paling dalam ketika di Sekretariat Kabinet," imbuhnya.

Pramono menjelaskan argumen kuatnya ikatan itu lantaran sejak pertama masuk menggantikan Andi Widjajanto pada Agustus 2015 lalu, dia mengaku berupaya untuk bekerja dan membangun Setkab dengan hati.

Ia pun menyatakan Setkab menjadi salah satu nan berjasa membantu Presiden sebagai penjaga dapur utama, terutama saat masa pandemi virus corona (Covid-19) terjadi di Indonesia.

"Kita kerja pagi, siang, malam. Bahkan banyak nan WFH, Work from Everywhere, kita tetap menyelesaikan persoalan-persoalan dasar nan ada di pemerintahan ini. Itu luar biasa," kata dia.

Oleh karena itu, Pramono menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pegawai Setkab nan sudah bekerja dengan baik dari dulu hingga saat ini.

Pramono kemudian memamerkan dirinya nan juga berupaya untuk mengusulkan peningkatan kesejahteraan pegawai di Setkab melalui Tukin dan sebagainya.

"Dan selama saya memimpin lembaga ini dua periode l, kita selalu prestasi untuk ukuran kinerja. Mau WTP, mau nilai-nilai nan lain. Kita selalu salah satu terbaik di lembaga pemerintah," ujar Pramono.

Pramono Anung sebelumnya menyatakan mundur dari Kabinet Jokowi lantaran bakal konsentrasi maju di Pilkada Jakarta 2024.

Presiden kemudian meneken Keppres pemberhentian Pramono dengan Nomor 105/P per Kamis (19/9). Namun dalam Keppres itu juga disebutkan Pramono efektif berakhir pada 22 September 2024.

Jokowi kemudian menunjuk Mensesneg Pratikno sebagai Pelaksana tugas (Plt) Seskab. Selain Pramono, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga memutuskan mundur lantaran mengikuti kontestasi Pilkada Jawa Timur 2024.

Posisi Risma kemudian digantikan oleh Sekjen PBNU Saifullah Yusuf namalain Gus Ipul efektif per Rabu (11/9) lalu.

Adapun dalam kontestasi politik November 2024 mendatang, Pramono Anung resmi didaftarkan diri sebagai calon gubernur dengan Rano Karno sebagai wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024. Pasangan ini diusung PDIP dan Hanura.

Paslon lainnya nan bakal berkompetisi di Pilgub DKI Jakarta adalah Ridwan Kamil-Suswono. Mereka diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus. Kemudian, ada paslon dari jalur independen ialah Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Namun, pasangan ini belum daftar ke KPUD DKI.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional