Pramono Mau Buat Waterway di Pulau Seribu, MRT dari Monas ke JIS

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal Calon Gubernur Jakarta Pramono Anung mengatakan bakal membikin pikulan waterway sebagai penghubung pulau-pulau di Kepulauan Seribu jika terpilih di Pilgub Jakarta 2024.

"Dalam pilgub ini enggak banyak orang berbincang tentang Pulau Seribu, saya bakal menyampaikan pendapat saya tentang Pulau Seribu," kata Pramono di Jakarta Selatan, Sabtu (14/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di negara manapun, negara kepulauan seperti Pulau Seribu kudu ada nan namanya waterway, pikulan nan tetap ke pulau-pulau utamanya," lanjutnya.

Menurutnya, waterway nantinya bisa dikelola BUMD, BUMN hingga swasta. Pramono percaya jika ada transportasi rutin di Kepulauan Seribu, maka pariwisata di wilayah itu bakal meningkat.

"Kalau itu terjadi, saya meyakini Pulau Seribu menjadi surga baru bagi wisata nan ada di Jakarta ini, lantaran begitu indahnya," kata Pramono.

"Teman-teman nan pernah ke Maldives, pernah ke pulau-pulau nan seperti Pulau Seribu. Apalagi ke Yunani, Bangkok dan sebagainya. Potensinya ada," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Selama ini Kepulauan Seribu sudah menjadi salah satu lokasi wisata bahari milik Provinsi Jakarta. Berbagai visitor juga sudah datang ke kabupaten dengan 110 pulau tersebut dengan beragam cara.

Untuk ke Kepulauan Seribu, selama ini visitor menggunakan akses melalui dermaga marina Ancol, Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke, serta Pelabuhan Sunda Kelapa.

Konsep waterway sebenarnya pernah dilakukan Pemprov DKI Jakarta pada 2007 saat masa kepemimpinan Sutiyoso. Kala itu, waterway berada di jalur trayek Halimun-Dukuh Atas menyusuri Banjir Kanal Barat/Sungai Ciliwung.

Namun rencana itu tidak bersambung lantaran mengalami kendala, seperti sampah nan menghalang akses, kedangkalan sungai, dan minat warga.

Dalam kesempatan itu pula, Pramono mengapresiasi Jakarta International Stadium (JIS) nan dibangun di era Anies Baswedan. Namun menurutnya, prasarana pendukung JIS perlu diperbaiki.

Pramono bercerita saat menonton konser Dewa 19 di JIS beberapa waktu lalu, masyarakat butuh beberapa jam untuk mendapatkan akses pikulan umum.

Oleh lantaran itu, Pramono mau membangun jalur Mass Rapid Transit (MRT) dari Monas menuju JIS andaikan terpilih menjadi gubernur Jakarta.

"Datang dan pergi ke JIS kudu diperbaiki, maka jika MRT satu tahun lagi sudah mentok sampe Monas, kita bertanggung jawab menyambungkan dari Monas ke JIS," kata Pramono.

"Kalau itu terjadi, kita sebenarnya seperti di luar negeri, kita jika pergi ke Wembley Stadium [London], nonton konser alias sepakbola, kita berakhir itu di bawah stadion, naik ke atas sejenak sudah bisa nonton," imbuh dia.

Sejauh ini, MRT Jakarta sedang mengerjakan pengembangan Tahap 1 Fase 2, nan terdiri dari Bundaran HI ke Kota untuk Fase 2a, kemudian jalur Kota hingga Ancol Barat untuk Fase 2b nan rutenya belum ditentukan dan tetap dalam tahap studi kelayakan.

Sementara itu, pada Juni 2022, pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan rencana pembangunan Jalur LRT Jakarta Fase 2A Kelapa Gading-JIS nan ditargetkan beraksi pada 2025.

(yoa/end)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional