Pramono, Ridwan Kamil, Pongrekun Buka Suara Jelang Debat Perdana

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilgub Jakarta menyatakan siap menghadapi debat perdana dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global" pada Minggu (6/10).

Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil mengaku sudah beberapa kali menyampaikan buahpikiran dan pendapat di hadapan pasangan calon lainnya. Terutama saat dirinya maju sebagai calon wali kota Bandung dan calon gubernur Jawa Barat.

Ia sudah mempersiapkan beberapa pokok pikiran berasas tema debat nan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya sesuai temanya, sudah kami siapkan poin-poin nan kelak disampaikan. nan perlu dilatih lagi adalah gimana caranya menyampaikan program nan diusung semaksimal mungkin agar pesannya sampai kepada masyarakat dalam waktu nan relatif pendek," kata dia.

Calon Gubernur DKI 2024 nomor urut 2 Dharma Pongrekun menyatakan tidak ada persiapan unik untuk menghadapi debat perdana Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Minggu (6/10).

"Persiapan unik tidak ada, apa nan saya sampaikan tadi itu bagian dari nan menjadi perhatian konsentrasi saya," kata Dharma Pongrekun di Jakarta, Rabu (2/10).

Ia mengatakan persiapannya adalah belajar sembari melakukan (learning by doing). Dengan itu maka semua bakal menjadi mudah, bukan diajari sehingga nan ditampilkan di debat adalah mahfuz saja.

"Saya berangkat dari hati untuk memberikan solusi bagi Jakarta dan menyelesaikan semua persoalan dari akar masalah," kata dia.

Calon Gubernur DKI Nomor Urut 3 Pramono juga menyatakan kesiapan dirinya beradu pendapat dengan cagub lainnya di debat perdana. Dia mengaku tidak asing dengan debat-debat calon pemimpin.

Pramono menjelaskan, dirinya berilmu pernah menemani Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo (Jokowi) saat mempersiapkan materi debat.

"Untuk debat tentunya, saya dari zamannya Bu Mega tiga kali, Pak Jokowi dua kali. Saya kan pendamping utama saat itu sehingga saya dalam urusan debat ini cukup tahu," kata dia.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Yoga berambisi ketiga paslon nantinya memaparkan program lima tahun ke depan guna mewujudkan Jakarta sebagai kota dunia dalam debat perdana.

"Program apa nan bakal dilakukan untuk dapat meningkatkan ranking dan sasaran naik berapa dalam lima tahun ke depan, misalnya, pasang sasaran naik ke posisi 50," kata Yoga saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Adapun Jakarta menempati ranking ke-74 dari 156 kota di bumi menurut Global City Index 2023. Karena itu, diperlukan program lima tahunan guna meningkatkan ranking Jakarta.

Yoga mengingatkan ada sejumlah syarat dalam penilaian kota dunia ialah aktivitas bisnis, kualitas sumber daya manusia, pertukaran informasi, pengalaman budaya dan support politik.

Di sisi lain, setidaknya ada enam parameter alias karakter kota dunia antara lain kapabilitas riset dan inovasi, sektor ekonomi nan mapan dan terkoneksi secara global, nyaman dihuni, nilai budaya nan menarik untuk dikunjungi, lingkungan bersih, nyaman dan berkepanjangan dan terkoneksi secara intra dan inter-kota.

Yoga pun menekankan para paslon perlu menjelaskan program konkret untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) penduduk kota.

"Misalnya, dalam KTP semua sudah kudu mengenyam pendidikan minimal SMA, program kerja sarjana padat karya," kata dia.

Selain itu, bisa dengan menyediakan ruang-ruang kerja berbareng (co-working space) di rumah susun sederhana sewa (rusunawa plus) alias co-living, instansi virtual, program ⁠magang kerja di balaikota dan wakil rakyat alias program sarjana mengajar ke sekolah terbuka alias merdeka untuk mereka nan tidak bisa berguru di negeri alias swasta.

Debat perdana Pilgub Jakarta bakal berjalan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai pukul 19.00 WIB.

Durasi debat dijadwalkan berjalan sekitar 150 menit dengan masing-masing penyelenggaraan selama 120 menit dan 30 menit untuk jarak iklan.

Dalam penyelenggaraan debat calon gubernur maupun wakil gubernur bakal datang bersama. Selain mereka, bakal datang pula tujuh panelis nan mewakili bagian masing-masing seperti hukum, komunikasi dan kebudayaan.

KPU DKI menyatakan debat nantinya diadakan sebanyak tiga kali.

(Antara)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional