Pramono Ungkap Faktor Maju Pilgub DKI: Supaya Ketenangan Terjaga

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 29 Agu 2024 14:23 WIB

Pramono Anung tidak menampik argumen PDIP menunjuk dirinya maju Pilgub DKI Jakarta salah satunya untuk menjaga tensi PDIP dengan pemerintahan Prabowo. Pramono Anung tidak menampik argumen PDIP menunjuk dirinya maju Pilgub DKI Jakarta salah satunya untuk menjaga tensi PDIP dengan pemerintahan Prabowo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Kabinet sekaligus politikus PDIP Pramono Anung tidak menampik argumen partainya menunjuk dirinya maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024 salah satunya untuk menjaga tensi politik antara PDIP dengan pemerintahan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pramono memahami beragam kajian publik bakal mengarah ke situ lantaran dia juga dekat dengan Presiden Joko Widodo. Ia pun tidak mempermasalahkan dugaan itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun nan terpenting, menurutnya, untuk menjaga stabilitas politik di tengah kondisi dunia nan tidak baik-baik saja.

"Jadi saya memandang salah satu aspek adalah agar ketenangan ini terjaga. Dan saya mungkin alternatifnya, lantaran dianggap bisa berkomunikasi dengan semua orang," kata Pramono kepada CNN Indonesia di kediamannya, Jakarta Selatan, Rabu (28/8) malam.

Selain untuk menciptakan kondisi ketenangan, Pramono juga mengingatkan bahwa partai mengamanatkan kepada Pramono-Rano Karno untuk menang di Jakarta.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pun sudah berpesan kepadanya untuk bekerja keras meraih kemenangan di Pilgub Jakarta.

"Jadi, buat saya ini adalah message bahwa saya dan Bang Doel mau menang, bukan hanya ketenangan. Tetapi bahwa kami tidak membawa politik identitas dan sebagainya, pasti kami lakukan," kata dia.

Pramono pun menyatakan sejauh ini dirinya memang bisa menempatkan diri untuk berkomunikasi dengan siapapun. Ia mengaku berkomunikasi dengan Anies Baswedan hingga ketua umum parpol nan lain.

Pramono bercerita banyak elite parpol nan kaget dengan keputusan PDIP untuk menjagokannya di Jakarta. Ia pun mengaku sempat menolak dan tidak menyangka bakal mendapatkan amanah itu dari Megawati.

"Saya bilang, bukan turun gunung. Ini mendaki gunung nan tinggi banget, nan tidak ada dalam gambaran saya," ujar Pramono.

"Tetapi lantaran itu sudah menjadi keputusan dan ketika keputusan itu sudah diiyakan, ya sudah," imbuhnya.

Pramono Anung dan Rano Karno resmi didaftarkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024. Pasangan ini diusung PDIP dan Hanura.

Paslon lainnya nan bakal berkompetisi di Pilgub DKI Jakarta adalah Ridwan Kamil-Suswono. Mereka diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus.

Kemudian, ada paslon dari jalur independen ialah Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Namun, pasangan ini belum daftar ke KPUD DKI.

Adapun nama Anies sebelumnya sempat santer dikaitkan sebagai jagoan PDIP di Pilkada Jakarta.

(khr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional