Pramono Yakin Jokowi Tak Tunjuk Seskab Definitif: Tinggal 20 Hari

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 20 Sep 2024 12:25 WIB

Pramono Anung meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bakal menunjuk Sekretaris Kabinet (Seskab) definitif menjelang purnatugas. Pramono Anung berpamitan dengan pegawai Sekretariat Kabinet. ANTARA FOTO/SULTHONY HASANUDDIN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pramono Anung meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bakal menunjuk Sekretaris Kabinet (Seskab) definitif menjelang purnatugas.

Pramono meyakini Plt Seskab nan sudah ditunjuk, ialah Mensesneg Pratikno bakal menggantikan tugasnya hingga 20 Oktober 2024.

"Ini kan sudah tinggal 20 hari dari sekarang, dan saya percaya lah lantaran Plt nya sudah ditunjuk, maka Plt nan bakal menyelesaikan ini," kata Pramono di Gedung Krida Bhakti, Jakarta Pusat, Jumat (20/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun andaikan Jokowi menunjuk Seskab definitif, Politikus PDIP itu pun mengaku tak masalah, pun andaikan rupanya penggantinya bukan dari partainya.

"Oh enggak apa-apa," imbuhnya.

Pramono kemudian memastikan sudah melaksanakan sejumlah pekerjaan hingga tuntas sebelum resmi tidak menjabat Seskab per 22 September 2024.

Ia menyebut ada beberapa perihal nan mesti dilanjutkan dan diselesaikan oleh Pratikno, seperti persetujuan terhadap Peraturan Pemerintah hingga Peraturan Kepala Lembaga.

Ya sebenarnya relatif sistemnya sudah melangkah dengan baik termasuk approval alias persetujuan terhadap permen, peraturan kepala lembaga ya paling itu saja nan mesti diselesaikan

"Tetapi nan menyangkut TPA, nan output keluarannya adalah Keppres-Keppres, relatif sudah diselesaikan," ujarnya.

Pramono Anung sebelumnya menyatakan mundur dari Kabinet Jokowi lantaran bakal konsentrasi maju di Pilkada Jakarta 2024.

Presiden kemudian meneken Keppres pemberhentian Pramono dengan Nomor 105/P per Kamis (19/9). Namun dalam Keppres itu juga disebutkan Pramono efektif berakhir pada 22 September 2024.

Jokowi kemudian menunjuk Mensesneg Pratikno sebagai Plt Seskab.

Selain Pramono, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga memutuskan mundur lantaran mengikuti kontestasi Pilkada Jawa Timur 2024.

Posisi Risma kemudian digantikan oleh Sekjen PBNU Saifullah Yusuf namalain Gus Ipul efektif per Rabu (11/9) lalu.

(khr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional