Private Dinner Prabowo-Jokowi di Hutan Kota Bahas soal Kabinet?

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut dalam makan malam berbareng antara Presiden Terpilih Prabowo Subianto dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ada kemungkinan keduanya turut membahas mengenai kabinet Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo dan Gibran--yang juga putra sulung Jokowi--bakal dilantik jadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang. Pada momen itu juga Jokowi akan turun setelah menguasai kepresidenan selama dua periode sejak 2014 lalu.

"Saya belum tahu persis isi pembicaraannya mengenai kabinet alias enggak tapi biasanya secara umum-umum, mungkin ada satu dua [terkait susunan kabinet] disampaikan," kata Dasco menjawab pertanyaan wartawan soal isi pembicaraan itu di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meskipun demikian, Dasco mengaku belum tahu respons Prabowo dan Jokowi mengenai pembahasan kabinet itu. Ia berdasar belum berjumpa langsung dengan Prabowo setelah Ketua Umum Gerindra itu makan malam berbareng Jokowi di Hutan Kota, Senayan, semalam.

Lebih lanjut, Dasco menjelaskan pertemuan antara Prabowo-Jokowi itu adalah perihal nan biasa dan kerap dilakukan. Hanya saja, kata dia, pertemuan kali ini dilakukan dengan makan malam berbareng di luar alias tempat publik.

Di sisi lain, Dasco mengatakan banyak perihal nan dibahas dalam pertemuan selama dua jam tersebut. Salah satunya adalah proses transisi kepemimpinan jelang Prabowo dilantik.

"Paling tidak saling tukar menukar info dan membicarakan soal transisi nan sejenak lagi ada estafet kepemimpinan di tanggal 20 Oktober," ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengunggah makan malam berbareng dengan Prabowo di akun instagramnya pada Selasa (8/10 malam.

Jokowi mengatakan makan malam tersebut merupakan momen obrolan santuy dengan sang penerusnya nan bakal dilantik menggantikan dirinya pada 20 Oktober nanti.

"Diskusi santuy sembari santap malam berbareng Presiden Terpilih Pak @prabowo. Tidak terasa dua jam lebih," bunyi caption unggahan Jokowi tersebut.

Pihak Istana pun membeberkan isi pembicaraan Prabowo dan Jokowi itu saat privater dinner di jantung ibu kota RI tersebut.

"Pada saat makan malam, dibicarakan beragam hal, terutama mengenai keberlanjutan program-program pemerintahan ke depan," kata Ari Dwipayana saat dikonfirmasi melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa malam.

Dia mengonfirmasi Jokowi dan Prabowo makan malam berbareng di Restoran Plataran di area Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan makan malam Jokowi dengan Prabowo ini diselenggarakan secara private alias tidak melibatkan pihak lain.

Sama seperti Ari, Pratikno mengatakan Jokowi dan Prabowo makan malam sembari membahas kebersamaan dan keberlanjutan pemerintahan.

(mab/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional