Program Makan Bergizi Gratis Prabowo Tidak Gunakan Anggaran Bappenas

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa memastikan program makan bergizi cuma-cuma tidak bakal menggunakan anggaran Kementerian PPN/Bappenas. Ia menyebut sudah ada anggaran tersendiri untuk program makan bergizi gratis.

“(Anggaran) Bappenas ya (untuk) Bappenas,” kata Suharso pada Selasa, 17 September 2024 di Menara Bappenas, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Syaiful Huda menyebut bahwa biaya program makan cuma-cuma berasal dari 20 persen anggaran wajib alias mandatory spending pendidikan. Program makan bergizi cuma-cuma nan diusung oleh presiden terpilih Prabowo Subianto telah masuk ke Rancangan APBN 2025 dengan alokasi anggaran mencapai Rp 71 triliun.

Begitu juga dengan program lainnya dari pemerintahan Prabowo, ialah sekolah unggulan. Menurut Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Amich Alhumami program sekolah unggulan alias Sekolah Unggul Terintegrasi bakal tersebar di 39 kabupaten alias kota tahap pertama pada 2025.

Program sekolah unggulan ini diketahui telah masuk dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2025. Program ini dibahas dan disiapkan oleh Bappenas bekerjasama dengan TKN Prabowo-Gibran di masa peralihan pemerintahan.

Iklan

Kementerian PPN/Bappenas sendiri diketahui bakal menerima anggaran sebesar 1,97 triliun untuk tahun 2025. Pagu sugestif tersebut dialokasikan untuk dua program utama, ialah perencanaan pembangunan nasional sebesar 1,13 triliun dan support manajemen sebesar 839,52 miliar.

Savero Aristia Wienanto, Anastasya Lavenia Y, dan Antara berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Ini Kronologi Ekspor Pasir Laut: Dihentikan Megawati dan Dibuka Lagi Jokowi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis