Pulang dari Acara Relawan Jokowi, Gibran Bawa Buku Polling Pilkada

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Solo, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo bersama putranya nan juga Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming menghadiri Musyawarah Nasional Alap-alap Jokowi di De Tjolomadoe, Karanganyar, Sabtu (27/7).

Jokowi datang ke letak lebih awal disusul Gibran nan tiba 15 menit kemudian. Dalam aktivitas nan digelar tertutup itu, Jokowi menyampaikan pidato di hadapan ribuan relawan Alap-alap Jokowi. Usai acara, Jokowi langsung meninggalkan De Tjolomadoe.

Gibran mengatakan Jokowi bakal memberi pengarahan para relawan untuk mendukung nama-nama tertentu pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak nan digelar 27 November 2024 mendatang. Nama-nama tersebut bakal disampaikan pada saat nan tepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pasti ada (arahan). Ditunggu dulu," kata dia.

Saat ditanya tentang siapa nama-nama nan bakal didukung Jokowi di Pilkada serentak, Gibran tidak menjawab. Ia justru mengangkat kitab nan ada di tangannya.

Buku itu bertuliskan Alap-alap Jokowi - Hasil Polling Calon Gubernur, Calon Wali Kota, Calon Bupati dengan foto wajah sejumlah tokoh di sampul depannya. Sekilas tampak foto putra bungsu Jokowi nan juga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi, dan Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, serta beberapa tokoh lain.

Sayangnya Gibran buru-buru menyembunyikan kitab tersebut.

"Ini ada foto-fotonya. Nanti aja jika semua sudah pasti, bakal segera kita instruksikan kepada semua relawan di seluruh Indonesia," kata Gibran.

Gibran tak membantah saat ditanya apakah kitab itu berisi nama-nama tokoh nan diusulkan relawan untuk didukung di Pilkada serentak 2024.

"Kita menampung semua aspirasi dari seluruh relawan di seluruh Indonesia. Dan juga kita minta pertimbangan dari warga-warga setempat untuk siapa-siapa nan bakal maju, siapa-siapa nan bakal kita dukung untuk Pilkada ke depan," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Alap-alap Jokowi, Muhammad Isnaini mengatakan aktivitas tersebut dihadiri 2.000 koordinator relawan dari seluruh Indonesia. Acara Munas digelar untuk memilih kepengurusan organisasi relawan dari tingkat pusat hingga daerah.

Isnaini mengakui Alap-alap Jokowi sengaja disiapkan untuk menghadapi Pilkada serentak 2024, khususnya di Jawa Tengah.

"Relawan di kontestasi pesta kerakyatan pasti aktivitas politik. Apakah ini dikaitkan dengan Pilkada serentak terutama di Jawa Tengah? Iya. Ini mesinnya saya angetkan," kata Isnaini.

Meski demikian, dia membantah kelompoknya mengusulkan nama tertentu untuk didukung di Pilkada serentak mendatang. Ia juga mengaku tidak mengetahui soal kitab nan dibawa Gibran saat meninggalkan letak Munas.

"Saya nggak tahu. Nanti ditanyakan sama Mas Gibran," kata dia.

[Gambas:Video CNN]

(syd/agt)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional