Puncak Hari Anak Nasional, Jokowi Beri Kuis Pancasila Berhadiah Mainan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 23 Jul 2024 08:45 WIB

Presiden Jokowi menunjuk tiga anak untuk maju menghafalkan pancasila di aktivitas puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 di Istora Papua Bangkit. Presiden Jokowi menunjuk tiga anak untuk maju menghafalkan pancasila di aktivitas puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 di Istora Papua Bangkit. Biro Pers Setpres/ Laily Rachev

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri aktivitas puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Selasa (23/7).

Terlihat Jokowi dan Iriana tampak memakai topi rumbai unik Papua. Presiden juga tampak mengenakan noken alias tas anyaman dari Papua nan diselempangkan di bahunya.

Dalam momen itu, Jokowi juga sempat memberikan kuis berhadiah mainan bagi anak-anak nan bisa menghafalkan Pancasila.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang bisa jawab saya beri bingkisan mainan," kata Jokowi dalam video nan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/7).

Anak-anak nan datang dalam aktivitas kemudian berebut maju untuk mengikuti kuis dari Jokowi. Presiden kemudian menenangkan anak-anak tersebut dan diminta kembali ke tempat masing-masing.

"Kembali ke tempat kelak ditunjuk baru maju," lanjut Jokowi.

Jokowi kemudian menunjuk tiga anak untuk maju menghafalkan pancasila.

Siswi wanita berjulukan Sisilia kemudian melantangkan Pancasila. Namun pada saat sila ketiga, dia sempat kurang lancar sehingga diminta kembali mengulang.

"Anak-anakku semuanya, jika pas di situ mudah, tapi jika sudah di dekat pak Jokowi begini grogi. Tidak boleh ditertawakan, ini pasti bisa Sisilia," kata Jokowi.

Sisilia selanjutnya melantangkan Pancasila dengan lancar disusul dua anak laki-laki lainnya. Jokowi kemudian memberikan bingkisan kepada mereka.

Acara selanjutnya adalah pembacaan angan berbareng nan dipandu oleh anak-anak perwakilan dari lima agama. Sebelumnya ada pula pemberian secara simbolis Piagam Penghargaan Anak Berprestasi dan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP).

Acara juga dilanjutkan dengan penampilan marching band dan parade baris berbanjar anak. Dilanjutkan penampilan Tarian Kolosal (Rekor Muri) dan pagelaran intermezo oleh para artis cilik Papua.

Selain Jokowi dan Iriana, tampak datang pula Ibu Wakil Presiden Wury Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, serta Istri Tito Karnavian nan juga menjabat sebagai Ketua Umum OASE KIM.

Adapun tema nan diangkat pada HAN ke-40 ini adalah 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju'. Papua dipilih sebagai letak penyelenggaraan agar kemeriahan seremoni hari anak nasional kali ini juga dapat dirasakan oleh anak-anak di wilayah terpencil dan terluar.

(khr/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional