Raih Penghargaan, Taufik Hidayat Udjo Ingin Angklung Lebih Hidup

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Taufik Hidayat Udjo mengatakan dirinya terharu atas penghargaan Outstanding In Preserving Sundanese Culture di arena CNN Indonesia Awards.

"Saya merasa terharu, terus terang saja angklung ini dinobatkan oleh Unesco sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity comes from Indonesia," kata Udjo di malam puncak CNN Indonesia Awards di Grand Ballroom, Trans Luxury Hotel Bandung, Selasa (17/9).

"Yang dulu asalnya mau diakui oleh negara lain, alhamdulillah sekarang sudah di Indonesia," lanjutnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Udjo mengingatkan ada empat syarat agar angklung tetap bisa diakui dan dimiliki Indonesia. Yakni, angklung kudu terpelihara, terlindungi terpromosikan, dan teregenerasikan.

"Itu pesannya, jadi mudah-mudahan dalam peristiwa ini saya meyakini angklung bakal lebih hidup lagi, ini membikin kami lebih semangat, hatur nuhun," ujarnya.

Pada malam penganugerahan ini, CNN Indonesia Awards bakal memberikan penghargaan kepada pemerintah kota/kabupaten, jejeran menteri, BUMD, serta pihak swasta nan berada di Jabar.

Sejumlah kategori nan bakal diberikan di antaranya Public Government, Private Sector, State Regional Enterprise, Special Award, dan Lifetime Achievement Award.

Untuk memastikan penilaian nan setara dan sesuai dengan kriteria, ditetapkan sederet majelis master pada arena penghargaan CNN Indonesia Awards.

Dewan master dalam arena CNN Awards Bandung2024 adalah Board of News Director CNN Indonesia Desi Anwar, Wakil Pemimpin Redaksi CNNIndonesia.com Ike Agestu, Kepala Divisi Event CNN Indonesia Niki Charles Laoh.

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards kali pertama diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan pada 21 Maret dengan topik "Dari Sulsel untuk Nusantara".

Kemudian arena kedua digelar di Kabupaten Badung, Bali, pada 13 Mei 2024. Lalu, CNN Indonesia Awards ketiga digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada 10 Juli lalu.

CNN Indonesia Awards keempat dihelat di Medan, Sumatera Utara pada 10 Agustus 2024 lalu, kemudian bersambung pada arena kelima di Semarang, Jawa Tengah, pada 14 Agustus 2024.

(asa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional