Ramai Mulyono Nama Asli Jokowi yang Diganti karena Sakit-sakitan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 23 Agu 2024 18:06 WIB

Mulyono nan dikaitkan erat dengan nama lahir Jokowi, ramai diperbincangkan saat demo penolakan RUU Pilkada digelar di sejumlah daerah. Mulyono nan dikaitkan erat dengan nama original Jokowi, ramai diperbincangkan saat demo penolakan RUU Pilkada digelar di sejumlah daerah, Kamis (22/8/2024). (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Nama Mulyono ramai diperbincangkan di media sosial X dalam beberapa hari terakhir di tengah gelombang demonstrasi penolakan RUU Pilkada di sejumlah wilayah sejak Kamis (22/8).

Nama Mulyono itu kemudian dikaitkan erat dengan nama original Presiden Joko Widodo (Jokowi).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penelusuran CNNIndonesia.com, Presiden Jokowi sempat bercerita mengenai asal-usul nama Mulyono. Ia membenarkan Mulyono merupakan nama kecilnya nan kemudian diganti oleh kedua orang tuanya buntut dirinya nan sakit-sakitan.

Cerita Jokowi itu terekam lewat wawancara unik nan dilakukan Pemimpin Redaksi SCTV Retno Pinasti nan diunggah melalui kanal YouTube resmi Liputan6 pada 17 September 2023.

"Lahir saya diberi nama Mulyono, dan sakit-sakitan. Ini ceritanya almarhumah ibu saya, lantaran sakit-sakitan diganti dengan Joko Widodo," kata Jokowi.

Jokowi tidak merinci penyakit apa nan dideritanya waktu mini itu. Ia hanya menyebut penyakit biasa nan dialami anak mini di tengah kondisi keluarganya nan dulu serba kekurangan itu.

"Dan biasanya jika di Jawa seperti itu. 'Oh ini mungkin keberatan nama' sehingga diganti nan lebih sedikit enteng, mungkin," jelas Jokowi.

Adapun Jokowi nan lahir pada 21 Juni 1961 merupakan putra dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi. Jokowi adalah anak sulung dengan tiga orang adik perempuan, ialah Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Dalam wawancara itu, Jokowi juga tidak menampik pernah digusur saat tinggal di bantaran kali Pepe di kelurahan Gilingan, Surakarta, Jawa Tengah.

Menurut Jokowi, keluarganya kerap berpindah-pindah tempat tinggal meski tetap di wilayah Surakarta.

"Ya tetap SD [saat digusur]. Jadi tetap ingat saya, ya SD kelas tiga kelas empat," ujarnya.

(khr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional