Ramai-ramai Parpol Minat Usung Kaesang Putra Jokowi di Pilkada 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, menarik minat sejumlah partai politik. Partai berlomba-lomba mengusulkan pencalonan Kaesang di Pilkada Serentak 2024.

Nama Kaesang muncul di bursa calon kepala wilayah sejak Mahkamah Agung (MA) memerintahkan pengubahan syarat minimal usia pendaftaran pilkada. Kaesang dimungkinkan ikut meskipun baru berumur 29 tahun.

Setelah momen itu, dia mulai muncul di survei-survei pilkada. Misalnya, saat masuk bursa calon gubernur DKI Jakarta jenis Litbang Kompas. Kaesang punya elektabilitas 1 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia juga menjadi favorit di bursa calon gubernur Jawa Tengah dengan elektabilitas 7 persen. Kaesang mengungguli Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi (6,8 persen), mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (3,2 persen), selebritas Raffi Ahmad (2,8 persen), Dico Ganinduto (2,6 persen), Bibit Waluyo (2,4 persen), dan mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (2,0 persen).

Meski ramai diperbincangkan, belum ada satu pun partai politik nan resmi mengusung Kaesang. Mereka baru sebatas mengusulkan pencalonan Kaesang.

Berikut partai-partai nan berkeinginan mencalonkan Kaesang di Pilkada Serentak 2024:

Gerindra

Partai nan dipimpin Presiden terpilih Prabowo Subianto ini menunjukkan kesukaan kepada Kaesang. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad pernah mengupload foto Kaesang berbareng Budisatrio Dijwandono dengan latar Monumen Nasional.

Dasco mengatakan langkah itu untuk mengetes reaksi publik. Duet itu tak jadi terjalin lantaran Prabowo punya tugas lain untuk Budi.

Terbaru, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan minat mengusung Kaesang di Pilgub Jawa Tengah.

Gerindra mengusung Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur Jawa Tengah. Namun, Muzani membuka kesempatan menduetkan Kaesang dengan Ahmad Luthfi.

"Ya di beberapa macam survei nan kami baca nama Mas Kaesang cukup menonjol," ungkap Muzani.

PAN

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku sudah membahas potensi Kaesang berbareng Jokowi. Dia sempat bertanya gimana sikap Jokowi soal kesempatan Kaesang maju di Pilgub DKI Jakarta.

"Saya lapor waktu itu kan, 'Pak Presiden, jika Kaesang boleh enggak?' Pak Presiden bilang jangan, tapi kan partai-partai perlu," ungkap Zulhas saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (14/6).

"Partai-partai perlu kan? Perlu apa? Agar bisa menang," imbuhnya.

NasDem

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh disebut tertarik mengusung Kaesang di Pilgub Jawa Tengah. Hal itu diungkap Kordinator Wilayah Pemenangan Nasdem Indonesia Timur Roberth Rauw.

Roberth berbicara kesukaan itu telah disampaikan Paloh dalam pertemuan dengan Kaesang kemarin. Paloh memastikan NasDem bakal mendukung penuh Kaesang di Pilgub Jateng.

"NasDem bakal memberikan support penuh kepada beliau (Kaesang) lantaran beliau (Paloh) memandang potensi dari Mas Kaesang ini sangat besar untuk Jawa Tengah," ucap Roberth usai pertemuan.

Golkar

Ketertarikan terhadap Kaesang juga disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Airlangga bersedia mendukung Kaesang jika berkompetensi di Pilgub DKI Jakarta.

Airlangga tak hanya memberi support moral. Dia juga menyiapkan staf khususnya nan juga pebisnis senior Jusuf Hamka untuk mendampingi Kaesang.

"Seandainya beliau memilih Jakarta saya siapkan kader Partai Golkar nan sudah memalang melintang di prasarana ialah Babah Alun (Jusuf Hamka)," ucap Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis, (11/7).

Pernyataan itu sempat dimaknai publik menjadi peresmian duet Kaesang dengan Jusuf Hamka. Namun, PSI membantah.

"Dalam pertemuan tidak ada kesepakatan di antara kedua partai untuk berbareng mengusung Mas Kaesang dan Pak Jusuf Hamka. Ide itu memang disampaikan Golkar dalam pertemuan, namun tidak ada kesepakatan mengenai usulan itu," kata Wakil Ketua Umum DPP PSI Andy Budiman, Sabtu (14/7).

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional