Resmikan Hotel di IKN, Jokowi Puji Hanya Dibangun 9 Bulan oleh Aguan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Hotel Swissotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan, Jumat (13/9).

Dalam pidatonya, Jokowi memberikan apresiasi dan penghargaan atas pembangunan hotel bintang 5 ini di IKN nan dikerjakan dalam waktu sembilan bulan saja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya mau memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas pembangunan Swissotel Nusantara nan dikerjakan dalam waktu 9 bulan," kata Jokowi nan disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat.

Jokowi mengenang Bos Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma namalain Aguan, sebagai ketua konsorsium pembangunan hotel ini berjumpa dengannya. Kala itu Aguan, kata Jokowi, memang memberi sasaran hotel ini dapat dibangun selama kurun waktu sembilan bulan.

Namun, kala itu Jokowi tak percaya dengan janji Aguan tersebut. Kini, Jokowi baru mempercayainya jika hotel nan mempunyai ratusan bilik ini bisa dibangun selama sembilan bulan saja.

"Pak Aguan sampaikan ke saya 'pak ini kelak sebelum Agustus selesai'. Maaf pak, saya enggak percaya saat itu. saya enggak percaya. tapi saat memandang sekarang sekarang ini benar," kata dia.

"Bukan pekerjaan nan mudah. Tapi Indonesia bisa mengerjakannya," imbuh laki-laki nan bakal mengakhiri kepresidenannya pada Oktober mendatang.

Jokowi kemudian menghargai investasi nan telah dilakukan para pengusaha lewat konsorsium di IKN. Ia pun berambisi konsorsium dan IKN turut mendapatkan untung dari pembangunan ini.

"Dua-duanya dapat untung sehingga bisa melangkah bersama-sama," kata dia.

Pemilik Hotel Swissotel Nusantara adalah sekumpulan pengusaha Indonesia alias konsorsiu, nan dipimpin Aguan.

Konsorsium ini melibatkan 10 perusahaan, ialah Agung Sedayu Group, Salim Group, Sinarmas, Pulauintan, Djarum, Wings Group, Adaro, Barito Pacific, Mulia Group, dan Astra Group.

Jokowi menghadiri langsung proses groundbreaking alias peletakan batu pertama proyek ini pada September 2023 lalu. Ia berterima kasih atas sumbangsih Rp20 triliun dari 10 pengusaha tersebut di ibu kota anyar Indonesia.

(rzr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional