Ribuan Aparat Gabungan Dikerahkan Amankan Demo Buruh Hari Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 17 Jul 2024 11:08 WIB

Sebanyak 1.477 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan tindakan demo pekerja nan digelar di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (17/7). Ilustrasi. Demo pekerja di Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino).

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 1.477 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan demo buruh nan digelar di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (17/7).

Aksi unjuk rasa tersebut digelar oleh massa nan tergabung dalam Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

"Personel nan diterjunkan ada sebanyak 1.477," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Imbas tindakan demo tersebut, arus lampau lintas di Jalan Medan Merdeka Barat menuju ke arah Istana alias Harmoni pun ditutup dan dialihkan.

"10.22 Saat ini sedang berjalan aktivitas penyampaian pendapat di depan Gedung Sapta Pesona Jl. Medan Merdeka Barat Jakpus untuk Situasi arus lampau lintas nan mengarah Harmoni dialihkan sementara menuju Jl. Budi Kemuliaan Jakpus," demikian unggahan di akun media X @TMCPoldaMetro.

Terpisah, Presiden KSPI Said Iqbal menyampaikan tindakan demo ini digelar serentak di beragam daerah. Di antaranya di Semarang, Surabaya, Batam, Medan, Pekanbaru, Banda Aceh, Gorontalo, Banjarmasin, hingga Makassar.

Said juga menyebut ada tiga rumor nan diangkat dalam tindakan ini. Pertama, cabut omnibus law UU Cipta Kerja, kedua HOSTUM (Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah ketiga, tolak PHK serta cabut Permendag Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

(dis/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional