Ribuan Aparat Jaga Kantor KPU Selama Pendaftaran Pilgub Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 1.088 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan proses pendaftaran calon kepala wilayah nan bakal maju di Pilkada Jakarta 2024.

Proses pendaftaran bakal berjalan selama tiga hari hingga Kamis (29/8). Setelahnya, KPU bakal menetapkan pasangan calon kepala wilayah pada 22 September.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan ribuan personel itu bakal disiagakan di Kantor KPU DKI Jakarta dan Kantor KPU RI.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Satgasda 669 personel di KPUD DKI Jakarta, Satgares 319 personel di Kantor KPU RI," kata Ade Ary kepada wartawan, Selasa (27/8).

Selain itu, Ade Ary menyebut pihaknya juga menyiagakan 1.089 personel campuran untuk mengantisipasi potensi tindakan unjuk rasa.

Rinciannya, 121 personel di depan Istana Negara, 188 perosnel di depan Gedung Sapta Pesona, 55 personel di silang barat daya Monas, dan 725 personel di Gedung DPR.

"Personel pengamanan unjuk rasa di wilayah norma Polda Metro Jaya sebanyak Satgasda 1.089 personel," ucap dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran calon kepala wilayah nan bakal maju di Pilkada Serentak 2024 pada hari ini, Selasa (27/8).

Proses pendaftaran bakal berjalan selama tiga hari hingga Kamis (29/8). Setelahnya, KPU bakal menetapkan pasangan calon kepala wilayah pada 22 September.

Di DKI Jakarta misalnya, pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB pada 27-28 Agustus.

"Untuk hari terakhir Kamis tanggal 29 Agustus Kami membuka pendaftaran dari pukul 08.00 sampai pukul 23.59 WIB," kata Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata di Kantor KPU Jakarta, Sabtu (24/8).

Sementara itu, mengutip dari Antara, Kantor KPU DKI Jakarta di Senen, Jakarta Pusat, terlihat dihiasi ornamen Betawi menyambut pendaftaran peserta Pilgub Jakarta.

Terlihat banyak ornamen Betawi menghiasi instansi nan berada di Jalan Salemba Raya No.15 Paseban, Senen, Jakarta Pusat.

Dari pintu masuk hingga lobi instansi KPU DKI sudah dipenuhi tenda dan kain berwarna merah putih melambangkan bendera Indonesia.

Di tengah kursi-kursi tenda dipamerkan maskot KPU DKI untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ialah Macan Kemayoran (Mayor).

Kemudian, terdapat rumah tradisional Betawi ialah Rumah Kebaya alias Rumah Bapang nan didominasi warna hijau dan kuning.

Dari pintu rumah itu terjajar dua ondel-ondel Betawi dan hiasan kembang kelapa dengan warna senada seakan menyambut para tamu nan masuk ke instansi KPU DKI.

Di depan rumah Bapang juga terdapat miniatur Monas sebagai ikon kota DKI Jakarta. Kemudian, di samping juga ada pedagang kerak telor.

Arus lampau lintas di sekitar instansi KPU DKI telah dijaga abdi negara campuran untuk memastikan area kondusif dan steril selama penyelenggaraan aktivitas pendaftaran peserta Pilgub Jakarta.

KPU DKI mengumumkan penyelenggaraan pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada 27-29 Agustus 2024 dengan menerapkan patokan berasas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai Pilkada 2024.

KPU DKI Jakarta membuka posko tanggapan penduduk mengenai Daftar Pemilih Sementara (DPS) di 267 kelurahan di DKI Jakarta pada 18-27 Agustus 2024 untuk memastikan penduduk nan mempunyai kewenangan pilih terdaftar sebagai pemilih di Pilkada 2024.

Selain itu, posko tanggapan itu juga bisa digunakan masyarakat memperbaiki info diri nan salah alias kurang dalam situs https://cekdptonline.kpu.go.id/.

Terdapat 8.248.283 penduduk nan masuk dalam DPS di seluruh wilayah DKI Jakarta.

(dis, Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional