Ridwan Kamil: Jakarta Butuh Pemimpin Imajinatif untuk Perubahan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Jakarta sebagai tempat bagi pendapat kelas bumi memerlukan perubahan melalui pemimpin nan mempunyai imajinasi.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat memberikan pandangan mengenai masa depan Jakarta dalam aktivitas Konsolidasi Relawan Kita (RK) di Jakarta, Sabtu (22/6).

"Jakarta adalah tempat untuk pendapat kelas dunia. Mengapa? Karena potensi pendukungnya ada, begitu juga prasarana dan anggarannya, nan dibutuhkan adalah pemimpin nan punya imajinasi. Jakarta memerlukan perubahan," kata Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis nan diterima di Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut dia, Pilkada Jakarta 2024 berhistoris lantaran berbarengan dengan berlangsungnya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jakarta, kata RK, sebagai kota nan telah tumbuh lama, tidak perlu takut dengan lepasnya status ibu kota negara Indonesia nan bakal dipindahkan ke IKN.

"Jakarta tidak perlu takut pada IKN lantaran Jakarta bakal tetap punya relevansinya sendiri sebagai kota nan sudah eksis ratusan tahun," ujar Ridwan Kamil nan menjadi kurator IKN itu.

Dia lantas menyoroti beragam masalah nan sedang dihadapi Jakarta, salah satunya polusi udara. Kondisi nan terjadi di Jakarta tidak terlepas dari kondisi nan terjadi di tingkat dunia maupun wilayah sekitarnya.

"Memimpin Jakarta kudu memahami wilayah-wilayah tetangganya, ialah Jawa Barat dan Banten. Jakarta kudu menjadi 'kakak nan baik' bagi kota dan kabupaten di sekitarnya," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa kota nan baik dan humanis adalah ketika orang lebih senang berkumpul di luar ruangan daripada di dalam ruangan dan itu bisa terjadi ketika kondisinya aman, nyaman, serta ramah.

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Kita Henry Baskoro mengatakan bahwa golongan relawan dibentuk beberapa waktu lampau ketika santer berita Ridwan Kamil bakal maju pada Pilkada Jakarta 2024.

"Kelompok ini berkarakter independen, tidak mewakili partai politik, dan berasal dari beragam golongan di Jakarta nan mempunyai aspirasi nan sama, ialah menjadikan Ridwan Kamil sebagai gubernur Jakarta," kata Henry saat aktivitas konsolidasi berlangsung.

Dia menyebut saat ini Relawan Kita telah mempunyai koordinator di lima kota manajemen serta Kabupaten Pulau Seribu, dan bakal dilengkapi dengan mengangkat koordinator tingkat kecamatan dan kelurahan selepas konsolidasi digelar.

Selain struktur pengembangan teritorial, dia menambahkan bahwa Relawan Kita juga bakal membentuk organisasi untuk komunitas-komunitas nan lebih spesifik, misalnya perempuan, milenial, gen Z, buruh, disabilitas, lansia, pendidikan, serta pelaku UMKM dan industri kreatif.

(Antara/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional