Ridwan Kamil Janji Perluas Akses Pekerjaan Bagi Kelompok Disabilitas

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 13 Sep 2024 19:15 WIB

Ridwan Kamil menjanjikan akses pekerjaan nan lebih luas bagi golongan disabilitas jika terpilih di Pilgub Jakarta 2024. Ridwan Kamil menjanjikan akses pekerjaan nan lebih luas bagi golongan disabilitas jika terpilih di Pilgub Jakarta 2024. (CNNIndonesia/Mundri Winanto)

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) menjanjikan akses pekerjaan nan lebih luas bagi golongan disabilitas jika terpilih di Pilgub Jakarta 2024.

RK mencontohkan saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, dia mengeluarkan patokan bagi perusahaan-perusahaan soal equal opportunity alias kesempatan kerja nan setara.

"Saya membikin kebijakan equal opportunity employer, jadi mereka perusahaan nan memberikan kesetaraan kepada akses. Jadi mereka kudu memberikan akses seluas-luasnya pada saat ada lowongan pekerjaan, selain membuktikan 1-2 jenis pekerjaan itu memang tidak bisa oleh kaum disabilitas," kata RK usai berbincang dengan golongan disabilitas di Jakarta Pusat, Jumat (13/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan ketentuan itu nantinya bisa diatur dalam peraturan gubernur (pergub). RK mau industri di Jakarta bisa menerapkan asas keadilan.

Pada kesempatan itu, RK menilai akses bagi golongan disabilitas di sarana umum sudah memadai di pusat Jakarta, tapi belum memadai di wilayah lain. RK pun menyatakan keinginannya untuk memperbaikinya dengan program Jakarta merata.

"Kita kan ada program salah satunya Jakarta merata, itu memberi anggaran kepada RW Rp100-200 juta agar mereka merancang sendiri kawasannya, mengeksekusi kebutuhannya. Mungkin salah satunya tadi jika ada wilayah level RW nan belum ramah disabilitas, dari anggaran nan desentralisasi itu bisa dibelanjakan untuk membeli akses kepada kaum disabilitas di wilayahnya," ujarnya.

Ada tiga pasangan nan telah mendaftar di Pilgub Jakarta 2024. Mereka ialah Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional