Riza Patria soal 'Anak Abah Coblos 3 Paslon': Golput Tidak Baik

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 14 Sep 2024 19:55 WIB

Riza Patria mengimbau penduduk Jakarta menggunakan kewenangan pilih mereka dengan mencoblos salah satu dari tiga paslon nan ada. Riza Patria mengimbau penduduk Jakarta menggunakan kewenangan pilih mereka dengan mencoblos salah satu dari tiga paslon nan ada. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPD Gerindra Jakarta Ahmad Riza Patria beranggapan aktivitas 'Anak Abah Tusuk 3 Paslon' jelang Pilkada Jakarta 2024 merupakan perihal nan tak baik diikuti.

Riza mengimbau penduduk Jakarta menggunakan kewenangan pilih mereka dengan mencoblos salah satu dari tiga paslon nan ada.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi golput itu kan tidak baik, jadi siapapun nan mendorong dan memotivasi menggerakkan aktivitas dalam pilkada untuk golput itu sesuatu nan tidak baik. Jangan diikuti," kata Riza di area Jakarta Selatan, Sabtu (14/9).

Riza pun berambisi penduduk Jakarta memilih Ridwan Kamil-Suswono alias RIDO di Pilkada Jakarta 2024. Pasangan ini diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

"Pilih pasangan nan baik pasangan RIDO," ujar dia.

Jelang Pilkada 2024, muncul aktivitas 'tusuk tiga pasangan calon'. Gerakan ini diduga datang dari pihak nan mengatasnamakan 'Anak Abah'.

'Anak Abah' merupakan panggilan untuk pendukung mantan Gubernur DKI Anies Baswedan. Sebutan itu ramai digunakan di media sosial saat Pilpres 2024.

Sementara itu, Anies kandas maju untuk periode kedua di Pilkada Jakarta 2024. Anies juga telah merespons aktivitas itu. Ia menilai aktivitas itu patut dihargai sebagai bentuk kebebasan berekspresi masyarakat.

"Jadi kita hormati itu, kita hargai sebagai bagian dari kebebasan berekspresi," kata Anies usai menghadiri aktivitas perbincangan berbareng mahasiswa di Pendopo Wisma Kagama UGM, Yogyakarta, Senin (9/9).

Anies menegaskan kewenangan memilih dalam setiap gelaran pesta kerakyatan merupakan kewenangan nan dijamin konstitusi. "Sebenarnya semua adalah kewenangan konstitusi, jadi kita hormati, kita hargai setiap pilihan dan ini semua adalah ungkapan rasa, pikiran atas kondisi nan sekarang terjadi," tuturnya.

Saat ini, tiga bakalpaslon yang mengikutiPilkada DKI Jakarta ialah Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, serta Dharma Pongrekun-Kun Wardhana.

Penetapan pasangan calon diumumkan pada 22 September 2024. Kemudian, pemungutan bunyi serentak digelar pada 27 November 2024.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional