Rumah Warga Rusak Akibat Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Bandung

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 18 Sep 2024 11:43 WIB

Sejumlah rumah penduduk rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9) Ilustrasi. Sejumlah rumah penduduk rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9). (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sejumlah rumah penduduk rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan gempa bumi itu membikin sebagian besar masyarakat panik lantaran guncangannya dirasakan cukup kuat dalam lama 3-5 detik.

"Gempa bumi nan berpusat di 7.19 LS dan 107.67 BT itu berakibat pada kerusakan sejumlah rumah penduduk di Pangalengan dan Kertasari, Kabupaten Bandung," kata Muhari dalam keterangannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan laporan visual sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, beberapa rumah penduduk mengalami roboh di bagian tembok rumah, langit-langit, pagar, dan kerusakan di bagian lain dengan kondisi rusak ringan hingga berat.

Selain itu, beberapa gedung akomodasi umum, akomodasi kesehatan, tempat ibadah, dan instansi polisi juga mengalami kerusakan di wilayah Kabupaten Bandung.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jawa Barat berbareng BPBD Kabupaten Bandung, BPBD Kabupaten Bandung Barat beserta lintas lembaga lainnya telah berada di letak terdampak untuk kaji sigap dan monitoring nan juga difokuskan kepada upaya pengamanan penduduk terdampak.

Menurut Muhari, hingga saat ini belum ada laporan signifikan mengenai korban jiwa atas musibah tersebut.

Sementara itu, menurut info perekaman instrumen nan dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempabumi nan terjadi merupakan gempa dangkal dengan kedalaman 10 kilometer dan berada di darat. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami.

Adapun guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di beberapa wilayah meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Garut, Kota Cimahi dan wilayah penyangga lainnya.

"Masyarakat diminta tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan, terlebih potensi gempa bumi susulan tetap sering terjadi beberapa kali dengan magnitudo 2-2.4," jelasnya.

(lna/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional