Sandiaga Uno Dorong Kota Palembang Jadi Kota Kreatif untuk Sokong Kemajuan UMKM

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Palembang - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berencana mengusulkan Kota Palembang masuk sebagai kota imajinatif di United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco), sebagai salah satu upaya memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta ekonomi kreatif.

"Kita harapkan Kota Palembang bisa menjadi kota kreatif dari Unesco, bakal diajukan," kata Sandiaga Uno saat berjamu ke Palembang dalam agenda Kelana Nusantara pada Minggu, 15 September 2024.

Kota imajinatif itu merupakan salah satu terobosan nan bakal dilakukan Kemenparekraf bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang. Dimana, kata Sandiaga Uno, terobosan ini juga diharapkan bakal menumbuhkan banyak lapangan usaha.

"Tidak lupa juga, kita harapkan juga menumbuhkan lapangan pekerjaan juga," kata Sandiaga Uno.

Di tempat nan sama, Pj Wali Kota Palembang Abdulrauf Damenta mengatakan untuk mendukung trobosan kota imajinatif dan juga mendukung UMKM nan ada di Palembang, Pemkot Palembang juga bakal memanfaatkan lokasi-lokasi nan strategis untuk menumbuhkan tempat upaya baru. Salah satunya, pemanfaatan tempat-tempat bersejarah.

"Ya, salah satunya Museum Tekstil nan ada di Jalan Merdeka, Talang Semut dekat Taman Kambang Iwak. Museum itu bakal kita hidupkan lagi, agar UMKM bisa display disana," kata Abdulrauf.

Namun, pemanfaatan lokasi-lokasi baru untuk UMKM dan upaya ekonomi imajinatif kata Abdulrauf Damenta, Pemkot Palembang sedang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel). 

Iklan

"Kami memandang banyak aset di palembang bukan aset kita, tapi provinsi, maka kami sudah koordinasi," kata dia.

Sementara itu, Abdulrauf Damenta juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung para pelaku UMKM dan ekonomi imajinatif di Kota Palembang, terutama dalam kerjasama berbareng Kemenparekraf untuk mendorong kota kreatif.

Ia mengatakan, Palembang sudah masuk sebagai salah satu kota terpilih dalam agenda Kemenparekraf ialah Karisma Event Nusantara (KEN). Palembang juga dipilih lebih dari satu kali, termasuk di tahun 2024 ini, mengalahkan ratusan kabupaten/kota di Indonesia.

"Artinya Pemkot selalu berkomitmen untuk memajukan kota ini di sektor UMKM dan ekonomi kreatif," kata Abdulrauf Damenta di tempat nan sama.

Pilihan Editor: Touring Bengkulu - Palembang, Sensasi Berkendara di Liku Sembilan hingga Menyeruput Kopi di Lematang

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis